Industri Otomotif

APM Motor Ternyata Punya Warna-Warna Sakral

Ekawan Raharja    •    Selasa, 10 Nov 2015 11:27 WIB
yamaha
APM Motor Ternyata Punya Warna-Warna Sakral
Warna kuning dengan grafis balok menjadi warna khusus dari Yamaha. Motorcycle Classics - Motor Sport Retro

Metrotvnews.com, Pangandaran: Pemilihan warna dalam kendaraan terkadang memegang peranan tersendiri. Tiap pabrikan bahkan mematenkan itu sebagai sebuah filosofi dalam membuat dan meriset teknologi mereka.

Misalnya, Yamaha yang identik dengan warna biru, kemudian Honda identik dengan warna merah, Kawasaki dengan warna hijau, KTM dengan oranye dan beberapa lagi lainnya. Begitu juga dengan livery bodi motor yang biasanya disakralkan.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menerangkan ada beberapa warna yang terbatas atau spesial. Salah satunya adalah warna kuning dengan grafis balok.

"Kalau yang kuning dengan grafis balok tersebut memang khusus. Tidak sembarangan bisa menggunakan warna tersebut," jelas Mohammad Masykur.

Kemudian dia menjelaskan bahwa warna biru yang dipakai di ajang MotoGP pun sempat disakralkan. Alasannya sederhana, karena warna tersebut ekslusif untuk MotoGP. "Warna motor biru MotoGP sempat dilarang selama satu tahun karena Rossi. Setahun kemudian baru bisa digunakan kembali."

Sedangkan beberapa livery yang menjadi ikonik dari merek dengan logo garpu tala tersebut juga diperuntukan terbatas. Sebut saja livery MotoGP di tahun 80-an yang terbilang ekslusif.

"Mengurus izin mengunakan warna atau livery khusus itu susah, harus mengurusnya langsung ke Jepang. Kemudian motornya pun harus edisi spesial, tidak untuk produksi massal," tutup Masykur.

Tak hanya di Yamaha, Honda pun demikian jika ingin mengaplikasi livery Repsol Honda di produksi massal mereka. Kemudian Suzuki dengan warna biru langit khas MotoGP pun juga menjadi trik tersendiri untuk mengangkat merek motor di pasar nasional.




(UDA)