MU vs WBA

Ini Rahasia Van Gaal Hancurkan Strategi Bertahan WBA

Hilman Haris    •    Minggu, 08 Nov 2015 06:28 WIB
manchester united 2015--2016
Ini Rahasia Van Gaal Hancurkan Strategi Bertahan WBA
Louis van Gaal mengubah taktik MU pada babak kedua saat melawan WBA (AFP)

Metrotvnews.com, Manchester: Manchester Unite susah payah untuk menumbangkan West Bromwich Albion pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris 2015--2016, Sabtu 7 November. Pada laga itu, WBA tampil sangat defensif sehingga menyulitkan Red Devils untuk mencetak gol.

Manajer MU, Louis van Gaal sadar timnya tidak akan meraih kemenangan andai strategi pada babak pertama tidak diubah. Untuk membongkar pertahanan tim tamu, manajer asal Belanda itu akhirnya memerintahkan skuatnya untuk lebih sering menyerang melalui sisi sayap pada babak kedua.

"Setiap orang yang telah bermain sepak bola mengetahui bahwa cara paling sulit untuk mencetak gol adalah saat menghadapi lawan yang bermain bertahan. Satu-satunya celah hanya ada pada sektor sayap dan kami mencoba melakukan itu," kata Van Gaal.

"Sadar dalam membangun serangan menjadi cara paling ampuh untuk meladeni pertahanan rapat dan tim yang tampil secara terorganisasi dengan baik. WBA mulai kelelahan pada babak kedua. Kondisi itu kami manfaatkan dengan baik. Setelah mencetak gol pertama, kami mulai sering mendapatkan celah di pertahanan lawan. Kemudian gol kedua datang setelah Anthony Martial menunjukkan kualitasnya," beber manajer asal Belanda itu.

Perubahan strategi Van Gaal membuahkan hasil maksimal pada laga ini. Berkat serangan dari sisi sayap, MU akhirnya mampu memecah kebuntuan melalui gol dari Jesse Lingard pada menit ke-52. Kemudian Juan Mata berhasil memperbesar marjin skor setelah sukses melakukan eksekusi penalti pada masa injury time. Penalti didapat MU setelah Martial yang melalukan penetrasi di kotak penalti dilanggar pemain bertahan WBA.

Meski menang, posisi MU tidak beranjak dari peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini. Total, MU sudah mengoleksi 24 poin. Mereka tertinggal satu poin dari Manchester City, Arsenal, dan Leicester City. Namun selisih poin tersebut bisa melebar andai City mampu menumbangkan Aston Villa dan Arsenal mengalahkan Tottenham Hotspur pada Minggu 8 November.


(HIL)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

8 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA