Baru Sebulan Menjabat, Kepala LP Bandar Aceh Dicopot

Amiruddin Abdullah Reubee    •    Minggu, 08 Nov 2015 10:25 WIB
kerusuhan
Baru Sebulan Menjabat, Kepala LP Bandar Aceh Dicopot
Pengamanan di LP Klas II A Banda Aceh setelah kerusuhan terjadi pada 7 November, Ant - Ampelsa

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Bandar Aceh berujung pencopotan Ahmad Faedhoni dari jabatan Kepala LP. Padahal, Faedhoni baru satu bulan menduduki jabatan tersebut.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Aceh, Suwandi, membenarkan pencopotan tersebut. Alasannya, Kepala LP dinilai tak tanggap menghadapi persoalan narapidana yang berbuntut kerusuhan.

"Kita berhentikan sementara dulu dan ditarik ke kantor wilayah. Akan kita kirim pejabat lain untuk memimpin LP," kata Suwandi seperti yang ia sampaikan pada Sabtu (7/11/2015).

Kerusuhan terjadi sekira pukul 17.00 WIB, Jumat 6 November 2015. Ratusan penghuni LP mengamuk dan menyerang petugas. Mereka melempar batu ke arah petugas.

Kerusuhan terjadi lantaran warga binaan memprotes air bersih yang mengalami tak mengalir dalam tiga hari terakhir. Mereka marah.

Mereka lalu meminta petugas LP menyediakan genset bila aliran listrik dari PLN tak aktif. Warga binaan menilai listrik dan air bersih merupakan kebutuhan utama.

Suasana aman setelah Polda Aceh menurunkan personel polisi dan Brimob ke lokasi kejadian. Polisi sempat melepaskan tembakan peluru ke udara untuk menenangkan suasana.


(RRN)

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

33 minutes Ago

Tak sembarang orang bisa masuk ke lokasi sidang praperadilan Ketua  DPR Setya Novanto itu.…

BERITA LAINNYA