Mesin Ini Dapat Mencetak Jalan Secara Instan

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 08 Nov 2015 14:03 WIB
teknologi
Mesin Ini Dapat Mencetak Jalan Secara Instan
Mesin RoadPrinter

Metrotvnews.com: Kemajuan teknologi membuat printer tidak hanya untuk mencetak gambar di kertas, namun juga membuat objek 3D, bahkan hingga membuat jalan dari batu bata. Ya, printer buatan perusahaan asal Beligia bernama Road Paving System (RPS) ini dapat "mencetak" jalan dengan mudah layaknya printer yang mencetak gambar di atas kertas.

RPS menggunakan mesin bernama RoadPrinter. Mesin tersebut khusus didesain untuk menyusun batu bata menjadi pola tertentu sehingga dapat menghasilkan jalan secara instan. Mesin RoadPrinter memiliki lebar hingga 62 meter dan mampu mencetak jalan dengan kecepatan empat meter per-menit. Dengan kecepatan tersebut, tentu saja membuat jalan akan menjadi cepat dan mudah.

Proses pembuatan jalan dengan RoadPrinter tergolong mudah. Pertama, tanah diratakan terlebih dulu agar dapat dilewati mesin RoadPrinter. Setelah itu, bahan jalan berupa batu bata dimasukkan dari atas mesin RoadPrinter. Mesin tersebut kemudian secara otomatis menyusun batu bata tersebut dan mengeluarkan hasil susunannya ke bagian belakang menjadi jalan seperti halnya menggelar karpet. (Business Insider)




(ABE)