Akhirnya Hujan Turun setelah Kemarau 7 Bulan di Jombang

Nurul Hidayat    •    Minggu, 08 Nov 2015 14:16 WIB
hujan
Akhirnya Hujan Turun setelah Kemarau 7 Bulan di Jombang
Pengendara mencari tempat berteduh saat hujan deras mengguyur Jombang, MTVN - Nurul Hidyata

Metrotvnews.com, Jombang: Kemarau terjadi di Jombang, Jawa Timur, terjadi selama kurang lebih tujuh bulan. Hingga akhirnya, pada Minggu siang 8 November, hujan mengguyur wilayah Jombang disertai angin yang cukup kencang. 

Sekira pukul 13.30 WIB, hujan mengguyur empat kecamatan di Jombang yaitu Jombang, Wonosalam, Mojoagung, dan Kabuh. Jelas saja hujan membuat warga Jombang bersuka cita. Hingga berita ini dimuat, hujan masih mengguyur.

"Senang banget, Mas. Semoga saja intensitas hujannya lama. Karena sudah satu pekan terakhir hanya mendung tapi enggak hujan," kata Zen Arifin, warga Kecamatan Kabuh.

Ayu Ningrum, warga lain, pun mengaku senang. Setidaknya, hujan dapat menyirami tanaman cabai lombok di kebunnya. Sebab kekeringan mengakibatkan ia merugi.

"Habisnya setiap hari harus ke kebun untuk menyirami tanaman lombok. Sekarang dengan turunnya hujan bisa menghemat tenaga," ujar Ayu.

Kemarau mengakibatkan kekeringan dan krisis air bersih terjadi di sebagian besar wilayah Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang pun mendistribusikan air bersih ke sejumlah daerah yang terkena dampak kekeringan.


(RRN)