Puluhan Penyandang Difabel Antusias Ikuti Latihan Panjat Dinding

Pythag Kurniati    •    Minggu, 08 Nov 2015 14:43 WIB
panjat tebing
Puluhan Penyandang Difabel Antusias Ikuti Latihan Panjat Dinding
Foto: Seorang difabel berlatih panjat dinding di Gelora Manahan, Solo, Jawa Tengah/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Puluhan siswa dan siswi dengan keterbatasan diri atau difabel berlatih panjat dinding di sisi Timur Gelora Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu 8 November. Kegiatan ini diikuti pelajar dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) dan SLB A YKAB Solo.

Sabar Gorky, tunadaksa peraih medali emas kejuaraan Paraclimbing Asia 2009 di Cheunchon Korea Selatan, jadi instruktur latihan panjat dinding kali ini. Pendaki tunadaksa yang mencapai puncak tertinggi Eropa Elbrus 5.642 mdpl, itu mengatakan ada kejuaraan paraclimbing di tingkat internasional namun, belum banyak atlet Indonesia yang muncul.

"Yang perlu dilakukan adalah memahami proses. Bagaimana saya bisa ke Elbrus, meraih medali internasional itu bukan hal yang instan. Ada proses di sana. Itu yang ingin saya tanamkan ke adik-adik ini. Kerja keras dan usaha adalah kunci sukses dalam proses tersebut," kata Sabar Gorky saat ditemui Metrotvnews.com di arena panjat tebing Gelora Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/11/2015).

Pendaki yang juga pernah mencapai puncak tertinggi Afrika, Kilimanjaro 5.895 mdpl, pada 2011, itu menilai latihan ini sebagai implementasi kota yang ramah difabel. Sabar berharap dapat menemukan bakat-bakat baru melalui latihan ini. Menurut dia,  yan

"Jadi bukan sekadar menyebut ramah difabel tapi tidak melakukan apa-apa,” kata peraih peringkat IV IFSC World Climbing Championship di Perancis, itu.

Salah seorang tunanetra peserta latihan, Sabirin, 18, mengaku ini merupakan pertama kali ia berlatih panjat dinding. Meski demikian, siswa SLB A YKAB Solo itu tak kapok untuk berlatih olahraga ekstrem ini.

"Deg-degan itu pasti. Tapi teman-teman menyemangati dan akhirnya saya bisa sampai atas. Saya mau berlatih supaya bisa memanjat lebih baik lagi,” kata Sabirin.


(TTD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA