Kemenag Wacanakan Kursus Persiapan Pernikahan

Damar Iradat    •    Minggu, 08 Nov 2015 19:50 WIB
perceraian
Kemenag Wacanakan Kursus Persiapan Pernikahan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Antara/Aditya Perdana.

Metrotvnews.com, Purworejo: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku prihatin dengan angka perceraian yang dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Untuk itu, Kementerian Agama berencana mengadakan kursus persiapan pernikahan.

”Ke depan, kita akan mengadakan Kursus Persiapan Pernikahan. Jadi yang hendak nikah, harus mempunyai sertifikat nikah,"kata Menag saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bahsul Masail, Istighasah dan Pengajian Akbar yang diselenggarakan Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah, Jawa Tengah, di Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Purworejo Jawa Tengah, Sabtu (07/11/2015).

Kursus ini, lanjut Lukman, bisa diselenggarakan siapa saja asal kurikulum, silabi dan materi yang diberikan sesuai aturan. Lukman mengatakan, setelah mendapatkan kurusus ini calon pasangan suami istri menjadi tahu peran dan fungsi masing-masing.

Menag mengusulkan, agar forum Bahtsul Masail Jatman ikut mengkaji soal kesiapan pernikahan. Menurutnya, Kemenag tengah serius membenahi pernikahan.

"Khususnya terkait dengan kesiapan pasangan yang akan menikah. Hal ini menjadi perhatian serius Kemenag, sehubungan dengan meningkatnya angka perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga juga mudah terjadi," katanya.

Selain itu, fenomena pernikahan sesama jenis yang dilegalkan di beberapa negara juga tak luput dari perhatian Menag. Menurutnya, jika fenomena tersebut tidak direspon dengan baik, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan menjadi wacana serius di Indonesia.

Untuk itu, Menag berharap agar pemuka agama melakukan sesuatu agar pernikahan sesama jenis yang dilarang oleh semua agama itu tidak terjadi di Indonesia. (ANTARA)


(DRI)