Mensos Bagikan 3 Ton Rastra Gratis di Bandar Lampung

LB Ciputri Hutabarat    •    Minggu, 08 Nov 2015 22:49 WIB
kabinet kerja
Mensos Bagikan 3 Ton Rastra Gratis di Bandar Lampung
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat membagikan beras di Kantor Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Timur, Lampung, Minggu (8/11/2015). Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat.

Metrotvnews.com, Lampung: Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa membagikan 3.090 kilogram beras sejahtera (rastra) di Lampung. Pembagian ini ditujukan bagi keluarga penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Sekarang yang hadir di sini tak perlu membayar. Jadi pokoknya, dimana saya hadir, saya akan bayar. Tapi yang datang saja," kata Menteri Sosial saat pembagian rastra di Kantor Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, Minggu (8/11/3015).

Pembagian beras ini, ujar Khofifah, merupakan pembagian beras ke-14 tahun ini kepada keluarga kurang mampu. Beras diberikan kepada keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Tak hanya itu, Khofifah mengatakan pembagian beras ke-14 ini sebagai komitmen pemerintah dalam penanganan kebijakan ekonomi di Indonesia. "Ini bagian dari paket kebijakan ekonomi pertama," ucap Khofifah.

Untuk satu kilogram harga beras normal, masyarakat harus membeli beras seharga Rp28 ribu per kilogram di daerah Lampung. Namun dengan kehadiran rastra, keluarga hanya perlu membayar Rp1.600 per kilogram. "Tapi hari ini gratis," ujar Khofifah.

Pembagian beras dilakukan dengan sistem atas nama sang Kepala Keluarga. Untuk pembagian di Kelurahan Tanjung Agung sendiri Mensos membagikan 3 ton beras kepada 206 Kepala Keluarga serta 239 keluarga penerima PKH.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Khofifah mengecek langsung kualitas dan ketersedian beras Bulog di Gudang Bulog Campang Raya, Lampung. Dia mengungkapkan beras yang didapatkan masyarakat harus sesuai dengan beras kualitas medium yang dipesan pemerintah pusat.

Tak hanya kualitas, dia juga memastikan ketersediaan beras Bulog di Lampung bakal cukup hingga Maret 2016. Pasalnya, ketersediaan beras Bulog juga disokong dengan panen raya Februari tahun depan.

"Di Lampung stok rastra aman Maret mendatang. Sementara Februari mulai panen raya," tandas Khofifah.


(DRI)