Pemerintah Janji Bereskan Mafia Migas

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Nov 2015 09:49 WIB
migas
Pemerintah Janji Bereskan Mafia Migas
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berjanji akan membereskan mafia-mafia migas yang menjadi penyebab membengkaknya anggaran impor minyak mentah Indonesia.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, setelah ditemukannya mafia-mafia migas maka akan memberikan dampak langsung pada pembelian minyak impor yang lebih murah. Hal ini terjadi lantaran telah ditemukan kecurangan-kecurangan tersebut, seperti ikut campur urusan tender dan membocorkan harga menggunakan instrumen karyawan manajemen Pertamina untuk memenangkan kepentingannya.

"Kita dapat diskon lebih baik yang dulu harga minyak impor disandera," kata Sudirman, dalam sebuah konferensi pers, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Wijaya, Jakarta, Minggu 8 November.

Selama ini, akibat adanya mafia migas yang berada di dalam tubuh anak usaha milik PT Pertamina (Persero) yakni Pertamina Energy Trading Limited (Petral) membuat harga jual minyak impor mencapai USD1,3 per liter hingga USD1,5 per liter.

Namun, Sudirman yakin setelah audit investigasi dan forensik Petral ini dilakukan dan telah ditemukannya mafia migas maka diharapkan harga minyak bisa turun. Mengenai penegakan hukumnya, Sudirman menjelaskan, timnya sedang mengkaji. Setelah dirasa telah masuk persyaratan, Kementerian ESDM tidak ragu-ragu untuk membawa kasus mafia migas ini ke ranah hukum.

"Mengenai pengakan hukum kita sedang mengkaji dengan penegak hukum kita. Kita yakin laporan ini sudah masuk syarat untuk ke projustisia. Apabila jelas terindikasi pelanggaran hukum tidak ragu-ragu ya harus. Secara umum kejahatan tidak bisa terus-terus disembunyikan. Satu ketika akan terbongkar," pungkas dia.

Sebelumnya, hasil audit investigasi Petral menyatakan telah ditemukannya keganjilan beberapa dokumentasi Pertral. Tercatat dalam dokumentasi tersebut ada pihak ketiga yang campur tangan dalam bisnis pengadaan jual beli minyak mentah selama ini.


(ABD)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA