Kementerian ESDM Baru Serap Anggaran 30,7%

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Nov 2015 11:01 WIB
anggaran kementeriankementerian esdmapbnp2015
Kementerian ESDM Baru Serap Anggaran 30,7%
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat baru menyerap anggaran yang sudah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 sebanyak 30,7 persen. Namun, sampai akhir tahun Kementerian ESDM menargetkan mampu menyerap anggaran mencapai 65 persen.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, seluruh pejabat eselon I, II, III, serta IV telah bekerja keras untuk membersihkan sumbatan-sumbatan yang menyebabkan serapan APBNP 2015 tidak maksimal. Dalam waktu kerja dua bulan yakni Oktober hingga November ini, Kementerian ESDM mencatat telah menyerap anggaran sebanyak 15 persen.

"Serapan sampai sekarang 30,7 persen, tapi 15 persen di antaranya kejadian dalam waktu dua bulan (Oktober-November)," kata Sudirman, dalam sebuah konferensi pers, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Wijaya, Jakarta, Minggu 8 November.

Sudirman mengakui, selama lima tahun rekam jejak kementerian yang dipimpinnya selalu tidak bisa menyerap anggaran dengan maksimal. Malah penyerapan anggaran tersebut menunjukan tren penurunan.

"Lima tahun yang saya lihat dari tahun ke tahun tren serapan menurun dan tidak pernah lebih dari 60 persen. Meski tiap tahun ditambah tapi begitu kenyataannya," ungkap dia.

Kendati demikan, Sudirman mengungkapkan, dirinya telah didukung banyak pihak sehingga ada progress dalam penyerapan anggaran sampai diposisi saat ini. Ia mengaku, sekarang ini dirinya sudah mendapatkan formula yang tepat dalam melakukan peyerapan anggaran.

Sudirman meyakini bila diberi waktu lebih maka Kementerian ESDM akan mampu menyerap anggaran mencapai 79 persen. "Tapi berkat dukungan seluruh pihak kita sudah dapat formulanya. Jika diberi perpanjang saya kira sampai 79 persen," pungkas dia.

Sebagai informasi, upaya pemerintah dalam melakukan penyerapan anggaran adalah dengan melakukan percepatan pelelangan wilayah kerja. Adapun anggaran yang dimiliki Kementerian ESDM di APBNP 2015 tercatat sebesar Rp14,9 triliun.


(ABD)