Sindikat TKI Ilegal di Indramayu Dibongkar

Ahmad Rofahan    •    Senin, 09 Nov 2015 11:24 WIB
tki ilegal
Sindikat TKI Ilegal di Indramayu Dibongkar
Foto: Sejumlah TKI ilegal yang jadi korban sindikat calo TKI melapor ke SBMI Indramayu, Jawa Barat/MTVN_Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Indramayu: Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Indramayu, Jawa Barat, membongkar sindikat rekrut tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal di Indramayu, Senin 9 November. Ini berdasarkan laporan delapan orang asal Cirebon dan Indramayu yang jadi korban calo TKI itu.

"Mereka dijanjikan akan dipekerjakan menjadi karyawan di Petronas (perusahaan minyak dan gas Malaysia). Tapi ternyata ditugaskan sebagai pemasang kabel listrik," kata Ketua SBMI Juwarih di Indramayu, Jawa Barat, Senin (9/11/2015).

SBMI Indramayu mencatat, ada 17 TKI yang jadi korban sindikat calo itu. Perekrut TKI ilegal itu dilakukan pasangan suami istri di Krangkeng, Indramayu. Mereka memberangkat TKI ilegal ke Malaysia pada 3 Oktober 2015.

Namun, dua TKI di antaranya meninggal sementara 13 TKI lainnya sudah dipulangkan ke Tanah Air. Sedangkan dua TKI lainnya belum diketahui keberadaannya.

"Dua TKI (meninggal) itu mengalami kecelakaan saat baru bekerja. Jadi kalau bekerja mereka menggunakan truk. Kemudian truk itu terguling dan mengakibatkan dua korban meninggal dunia," kata dia.

Sayangnya, dua TKI yang mengalami kecelakaan saat bekerja hingga meninggal itu tak mendapat asuransi. Pihak perusahaan enggan memberikan santunan sebab perekrutan TKI itu ilegal.

Perekrutan TKI itu tidak melalui Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS). Selain itu, diduga paspor TKI ilegal yang diterbitkan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, itu palsu.

"Selain itu, korban juga dimintai uang sebesar Rp2 juta hingga Rp5 juta per orang," imbuh dia.

Guna menindaklanjuti laporan ini, SBMI Indramayu akan mengumpulkan korban dan barang bukti. Data itu akan diserahkan ke kepolisian agar diusut tuntas.

"Kalau datanya sudah lengkap, kami akan langsung laporkan. Nama dan lokasi pelaku sudah kami ketahui," pungkas dia.


(TTD)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA