Menkeu Resmikan Perubahan Status STAN

Suci Sedya Utami    •    Senin, 09 Nov 2015 12:47 WIB
pendidikankementerian keuangan
Menkeu Resmikan Perubahan Status STAN
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di STAN (MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro pada pagi ini, Senin (9/11/2015), meresmikan perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Akuntansi Negara (STAN) menjadi Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN.

Menurut Bambang, dengan adanya perubahan ini maka akan menentukan arah kebijakan lembaga pendidikan ini kedepannya, mengingat sebelumnya STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dengan adanya perubahan, saat ini lembaga pendidikan itu menjadi setara dengan institusi pendidikan tinggi lainnya.

"Ini adalah periode yang sangat menentukan STAN ke depan, STAN sudah resmi jadi institusi pendidikan tinggi yang setara, tidak hanya kedinasan," kata Bambang, di Kampus STAN, Bintaro, Tangerang.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kemenkeu Sumiati menjelaskan, dengan perubahan status menjadi PKN STAN, pun akan memfasilitasi pendidikan lanjutan hingga program doktoral atau strata tiga (S3).

"Dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK 01/2015 yang dikeluarkan 15 Juli lalu tentang PKN STAN yang sebelumnya hanya menyelenggaraan diploma empat (D4) sekarang sampai S3 atau doktoral," pungkas Sumiati.


(ABD)