Deklarasi Provinsi Madura Terkesan Dipaksakan

Intan fauzi    •    Senin, 09 Nov 2015 12:51 WIB
madura mau jadi provinsi
Deklarasi Provinsi Madura Terkesan Dipaksakan
panduk Selamat Datang di Provinsi Madura bertebaran di Bangkalan, Minggu (8/11/2015),--Foto: MTVN/Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana deklarasi pemekaran Pulau Madura menjadi provinsi dilakukan besok. Pengamat otonomi daerah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, motivasi di balik pemekaran Madura adalah politik.

"Yang lalu-lalu motivasinya politik, sebagian besar politik. Tidak menutup kemungkinan juga Madura ke arah situ," kata Siti saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin (9/11/2015).

Karena alasan politis itulah, kata Siti, kebanyakan daerah memaksakan diri untuk mengusulkan menjadi daerah otonom baru. Namun, kebanyakan daerah tersebut gagal.

"Karena sebenarnya tidak memenuhi syarat tapi karena ada alasan politik, mau pemilu legislatif dijadikan komoditi politik. Dengan pemekaran ingin mendirikan forum kekuasaan baru. Saat ini motivasi politik menjadikan daerah-daerah tidak berhasil," jelasnya.

Siti menilai, pemekaran Pulau Madura terkesan dipaksakan. Sebab, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, syarat untuk membangun provinsi baru harus memiliki minimal lima kabupaten/kota. Sementara Madura baru memiliki empat kabupaten: Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

"Persyaratan tidak bisa ditawar. Pemerintah dengan UU itu sudah eksplisit ada tahapan yang harus dilalui, ketika diusulkan harus lulus studi kelayakan, pintunya satu ke pusat di Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Di situ ada Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah yang membaca dan evaluasi usulan," kata Siti.

Pembentukan Provinsi Madura kembali mencuat setelah sebuah undangan beredar pada 3 November 2015. Undangan itu menyebutkan Deklarasi Provinsi Madura dilakukan pada 10 November 2015 di Gedung Ratho Ebhu di Jalan Jenderal A. Yani, Bangkalan.


(MBM)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

53 minutes Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA