Pekan Depan, Jokowi Hadiri G20 di Turki

Desi Angriani    •    Senin, 09 Nov 2015 15:12 WIB
ktt g20
Pekan Depan, Jokowi Hadiri G20 di Turki
Presiden Joko Widodo,--Foto: Dok/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menghadiri pertemuan konferensi tingkat tinggi (KTT) negara-negara anggota G20 di Antalya, Turki. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pertemuan berlangsung pada 15-16 November mendatang.

"Kita bahas agenda kehadiran bapak (Presiden) di sana, tanggal 15-16 November," kata Retno di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Menurut Retno, Presiden dalam pertemuan tersebut bakal mengangkat isu pertumbuhan ekonomi dunia dan perubahan iklim. Namun, dia belum dapat merinci secara detail agenda Presiden selama di Turki. Sebab masih dibahas di internal kabinet.

"Mengenai growth, mengenai masalah arsitektur keuangan dunia dan sebagainya. Kita masih melihat semuanya," tutur Retno

G20 yang dibentuk di tahun 1999 semula sebagai wadah para pakar finansial terkemuka dan para pemimpin dunia merespons krisis ekonomi Asia. Tahun 2008, KTT yang dihadiri para kepala negara G20 digelar untuk pertama kalinya di Washington, Amerika Serikat.

Negara anggota G20 adalah Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

G20 tahun ini digelar di Antalya, kota barat daya Turki. KTT di Antalya adalah pertemuan kesepuluh yang akan dihadiri para kepala negara. Kepresidenan G20 dilakukan bergilir. Presiden G20 sebelumnya adalah Australia, dan tahun depan adalah China.


(MBM)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA