Petral Bermasalah, Pertamina Kencangkan Pengawasan Pengadaan Minyak Mentah dan BBM

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Nov 2015 16:50 WIB
pertamina
Petral Bermasalah, Pertamina Kencangkan Pengawasan Pengadaan Minyak Mentah dan BBM
Pertamina. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Audit investigasi dan forensik anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni Pertamina Energy Trading Limited telah selesai. Pertamina kencangkan pengawasan agar pengadaan minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM) tak dipermainkan lagi.

Vice Presiden Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan sertiap bulan dewan pengawas Integrated Suply Chain (ISC) terus melakukan review terhadap harga, volume dan kinerja dari ISC.

"Tugas kita adalah melihat dan mengatasi supaya anomali tidak terjadi lagi. Nah kita ada dewan pengawas ISC yang terdiri dari direksi pertamina dan pak dirrektur utama, itu setiap bulan secara rutin akan review. Baik termasuk harga, volume, dan kinerja dari ISC," kata Wianda saat ditemui dalam acara Annual Hulu Day 2015, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Wianda menjelaskan tim pengawas ISC yang terdiri dari direksi Pertamina dan Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto akan mengecek betul pengadaan BBM dan minyak mentah tersebut.

"Jadi jangan sampai, kemudian harga yang bisa kita dapatkan secara kompetitif tidak kita dapatkan," ungkap Wianda.

Wianda menegaskan harus ada seleksi yang lebih ketat dengan mitra pertamina. Termasuk harus sesuai dengan kualifikasi.

"Siapapun yang sudah masuk boleh menawarkan produk yang sesuai dengan standar Pertamina dan harga yang full negosiasi," ucap dia.



(SAW)