Taiwan Bahagia usai Pertemuan Bersejarah dengan Tiongkok

Willy Haryono    •    Senin, 09 Nov 2015 17:07 WIB
tiongkok-taiwan
Taiwan Bahagia usai Pertemuan Bersejarah dengan Tiongkok
Kepala Perwakilan Kantor Dagang Taiwan di Indonesia, Chang Liang-jen, di kantornya di Jakarta Selatan, Senin (9/11/2015). (Foto: Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pekan lalu, Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou melangsungkan pertemuan bersejarah di Singapura. 

Ini adalah pertemuan pertama dari pemimpin kedua negara sejak 1949. Keduanya dipisahkan sejak perang saudara yang memecah kedua belah pihak.

Kepala Perwakilan Kantor Dagang Taiwan di Indonesia, Chang Liang-jen, mengungkapkan rasa bahagianya atas pertemuan besar tersebut. Chang berkata, ini adalah waktu yang tepat bagi kedua negara untuk bertemu dan menjalin hubungan.

"Pertemuan ini sangat baik bagi kedua negara untuk melupakan permasalahan masa lalu," ujar Chang yang ditemui di kantornya di kawasan Jakarta Selatan, Senin (9/11/2015).

Hal ini merupakan kali pertama kedua pemimpin saling bertemu dan bertukar pikiran. Mereka membicarakan sektor ekonomi, bisnis, keamanan dan juga banyaknya murid Tiongkok yang saat ini menimba ilmu di Taiwan. 

Menurut Chang, Taiwan sudah sejak lama membuka diri dengan mempersilakan media asing untuk masuk. Hal tersebut dilakukan demi menunjukkan niat Taiwan untuk menjalin hubungan internasional dengan semua negara, termasuk Tiongkok.

"Presiden Ma dengan tegas ingin menemukan semua solusi bagi permasalahan yang ada dengan Tiongkok, Taiwan ingin menciptakan perdamaian. Kami ingin kedua negara dapat memperluas kerjasama di berbagai bidang mulai dari ekonomi sampai ke pendidikan," ujar dia.

Chang melanjutkan, Taiwan ingin menggelar pertemuan lanjutan dengan Tiongkok guna menuntaskan permasalahan lainnya dengan cepat. Ia mengatakan, kedua negara perlu menciptakan stabilitas hubungan dan saling membangun pemahaman satu sama lain. Chang menilai perdamaian Taiwan dan Tiongkok juga dapat berpengaruh di level dunia. (Nabila Gita)


(WIL)

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

1 hour Ago

KPK hingga saat ini terus mengusut terkait kasus korupsi pengadaan proyek KTP-el. Sejumlah…

BERITA LAINNYA