Aktivitas Anak Rinjani Meningkat, 13 Posko Evakuasi Disiapkan

Wandi Yusuf    •    Senin, 09 Nov 2015 19:21 WIB
gunung rinjani
Aktivitas Anak Rinjani Meningkat, 13 Posko Evakuasi Disiapkan
Gunung Barujari atau anak Gunung Rinjani. Foto: Antara/Lalu Edi

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktivitas Gunung Barujari, anak Rinjani, di Pulau Lombok sangat aktif dan terus erupsi. Menyikapi hal itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan 13 posko evakuasi di sejumlah desa yang tergolong rawan terkena erupsi. 

"Desa yang berjarak 10 kilometer dari kawah Gunung Rinjani akan kami evakuasi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/11/2015).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat di sekitar Gunung Barujari saat ini mengalami cuaca mendung, angin sedang dari barat, dan gunung tertutup kabut. Suhu udara 28 derajat Celcius dengan kelembaban 85 persen. Gunung itu juga terus meletus. Aliran lava sudah mencapai 1 kilometer dari arah timur Gunung Barujari. Suhu air yang tadinya 21 derajat Celcius, meningkat menjadi 36-39 derajat Celcius. Banjir memungkinkan terjadi di sepanjang Sungai Koko Putih apabila air terus melimpah.

PVMG juga mencatat letusan material pijar mencapai 750 meter dengan ketinggian asap mencapai 2.500 meter dari puncak Gunung Barujari atau 5.000 meter dari permukaan laut. Kondisi erupsi saat ini jauh lebih besar dibanding pada 2004 dan 2009 .

"Untuk itu masyarakat yang berada di sepanjang Sungai Koko Putih agar menjauh dan tidak melakukan aktivitas apapun," kata Sutopo. BPBD Provinsi NTB telah mengoordinasikan BPBD Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok.

Saat ini, hujan abu menyebar ke arah barat, barat daya dan selatan. "Untuk (aktivitas) bandara, menyesuaikan dengan kondisi sebaran abu vulkanik," kata dia.

Jumlah masyarakat terdampak abu vulkanik Gunung Barujari diperkirakan 248.148 jiwa dari lima kabupaten/kota di Pulau Lombok. "Hingga saat ini belum perlu ada pengungsian," kata Sutopo.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA