Anggota Polres Semarang Diduga Jadi Calo PNS

Deo Dwi Fajar Hari    •    Senin, 09 Nov 2015 20:04 WIB
penipuan
Anggota Polres Semarang Diduga Jadi Calo PNS
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Semarang: Oknum anggota Polres Semarang, Aipda TJ, diduga terlibat calo pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan Kabupaten Semarang. Keterlibatan TJ berawal dari laporan Siti Muzarongah, 42, Warga Desa Ujung-ujung, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Ia mengaku kehilangan uang Rp73 juta yang telah disetorkan ke Aipda TJ yang menyatakan dapat membantu menjadikannya PNS. 

Siti melaporkan perbuatan TJ itu ke Polres Suruh pada 15 Oktober lalu. "Saya mendapatkan info pada 2012 dari seseorang bernama YM. Kata YM, tinggal berikan uang pelicin ke TJ maka saya akan menjadi PNS," kata Siti kepada Metrotvnews.com, Senin (09/11/2015).

Awalnya korban ragu akan tawaran tersebut, namun setelah dijelaskan YM, korban pun tertarik dan yakin hingga mau dikenalkan dengan Aipda TJ. “Kami bertemu di rumah YM. Oleh TJ saya diminta melengkapi persyaratan yang dia tentukan, termasuk menyiapkan sejumlah uang,” kata Siti.

Kemudian, korban yang merupakan guru honorer di sebuah sekolah di Kabupaten Semarang, itu dimintai uang Rp250 ribu oleh YM sebagai biaya operasional mengantar surat-surat persyaratan calon PNS. Pada 19 Januari 2012, korban menyetor Rp25 juta. Kemudian pada 11 Februari 2015, korban kembali menyetor Rp48 juta. Namun, hingga kini korban tak juga diangkat menjadi PNS. 

Dari situ, korban merasa tertipu dan melaporkan kasusnya ke Polsek Suruh pada 15 Oktober lalu dengan nomor laporan Pol: STPL/16/X/2015. “Uangnya saya minta kembali, namun tidak ada kejelasan. Saya laporkan saja ke Polisi,” kata dia.

Saat dikonfirmasi, Aipda TJ mengaku tidak menggunakan uang tersebut. Ia hanya menyalurkan uang itu ke temannya yang mengaku bisa meloloskan orang menjadi PNS. Aipda TJ justru merasa jadi korban karena terseret masalah tersebut. “Korban sudah saya ajak untuk menagih pada kenalan saya itu, namun tidak ada hasil. Kalau seperti ini, tentu saja saya malah jadi korban,” kata TJ.


(UWA)

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

43 minutes Ago

Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap diperiksa terkait kasus korupsi KTP elektronik.
 

BERITA LAINNYA