BUMD Harus Perkuat Posisi PT PJU

Amaluddin    •    Senin, 09 Nov 2015 20:06 WIB
bisnis
BUMD Harus Perkuat Posisi PT PJU
Logo PT Petrogas Jatim Utama, sumber foto: Petrogas

Metrotvnews.com, Surabaya: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) telah menyetujui peraturan daerah (Perda) tentang BUMD PT Petrogas Jatim Utama (PJU). Sejumlah fraksi memberi catatan untuk memanfaatkan BUMD tersebut. 

Juru bicara fraksi PDIP Jatim, SW Nugroho, mengatakan secara prinsip mendukung penguatan BUMD itu. Tapi BUMD harus memperkuat posisi PT PJU sebagai perusahaan induk dan membentuk anak perusahaan.

BUMD juga harus memberikan keleluasaan pada PT PJU untuk berkantor pusat di Surabaya dan beberapa wilayah. Kemudian, penyesuaian modal dasarnya tak lebih kecil dari modal setornya.

“Dengan Perda ini nantinya di harapkan dapat sebagai sarana penyemangat penumbuhan ekonomi di Jatim,” ujar Nugroho, di DPRD Jatim, Jalan Indragiri, Surabaya, Senin (9/11/2015).

Selain itu, Nugroho menambahkan PT PJU harus dapat menopang perekonomian di provinsi Jatim, salah satnya adalah dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Fraksi selanjutnya yang memberi catatan ke PT PJU adalah Frkasi Gerindra. Melalui Noer Soejipto, fraksi Gerindra menyoroti tentang pemindahan kantor operasional PJU. Dalam pemindahan tersebut tentunya dibutuhkan biaya operasional yang cukup banyak.

Pengaturan maagement juga perlu dilakukan terkain rentang management antara induk perusahaan dan anak perusahaan. Tidak jauh berbeda dengan fraksi PDIP yang juga menyarankan tentang perhatian modal dasar yang berpengaruh terhadap PAD.

Sedangkan catatan lainnya yang diberi ole Fraksi Gerindra adalah perlu dilibatkan koperasi lain dalam komposisi modal yang disetor, sehingga modal pemerataan hasil pengolahan minyak dan gas dapat dirasakan secara meluas dan merata bagi masyarakat di Jatim.

“Peningkatan PAD ini tentu dengan tetap menetapkan deviden sebagai bagian dari sumber penerimaan daerah melalui kas daerah,” tandas Noer Soetjipto.


(RRN)