Dalam Setahun, 6 ATM di Bandung Dibobol

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 09 Nov 2015 20:36 WIB
pencurian
Dalam Setahun, 6 ATM di Bandung Dibobol
Ilustrasi. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Bandung: Setahun terakhir ini terjadi enam kasus pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) di beberapa wilayah di Kota Bandung. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Ngajib kepada wartawan di Mapolrestabes, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (9/11/2015).

Ngajib mengatakan ada enam lokasi pembobolan ATM, yakni di Sukasari, Babakan Ciparay, Astana Anyar, Lengkong, Majahlega, dan Katamso. "Untuk yag terungkap yaitu Astana Anyar dan Katamso, setelah dilidik berkasnya dan dilimpahkan ke JPU. Sedangkan yang lainnya masih dalam proses penyelidikan," kata Ngajib.

Menurutnya, polisi mengalami kesulitan mengungkap kasus pembobolan ATM ini karena keterbatasan alat bukti dan minimnya petunjuk yang mengarah ke pelaku di tempat kejadian perkara.

Beragam modus digunakan para pencuri. Di antaranya, mengunakan las, langsung membongkar dan mengangkut mesin ATM, menghalangi CCTV dengan menyemprotkan cat, dan memotong kabel ATM.

Saat ini Polrestabes Bandung menjaga ketat sejumlah ATM yang rawan dibobol. Setiap jam rawan, polisi juga melakukan patroli ke sejumlah ATM yang tak dijaga satpam.

Mengenai lokasi ATM yang tetap dibobol walaupun dijaga satpam, Ngajib mengaku masih menyelidiki. "Apakah ada indikasi kerja sama dengan yang jaga atau seperti apa," kata dia.

Kepada bank, Ngajib menyarankan agar membangun lokasi ATM di tempat yang tak jauh dari pos polisi atau minimal dekat dengan keramaian. Selain itu, ia juga menyarankan ada alarm yang bisa langsung terhubung ke polisi di setiap ATM. "Sehingga, bila terjadi pengerusakan atau pembobolan, dengan cepat kami ketahui," kata dia.

Selama ini, menurutnya, belum ada kerja sama antara bank dan polisi untuk membangun sistem keamanan di ATM. "Hingga saat ini kita belum ada penjagaan khusus, baru pengamanan berjalan saja," kata dia.


(UWA)

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

3 hours Ago

Peradi mengajukan surat pemeriksaan etik terhadap Fredrich ke KPK.

BERITA LAINNYA