Tanggapan JK soal Gus Dur dan Soeharto Belum Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Husen Miftahudin    •    Senin, 09 Nov 2015 21:02 WIB
jusuf kalla
Tanggapan JK soal Gus Dur dan Soeharto Belum Dapat Gelar Pahlawan Nasional
Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. (Foto: MI/M. Irfan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah belum memutuskan memberi gelar pahlawan nasional kepada Presiden RI kedua Soeharto dan Presiden RI keempat Abdurahman Wahid (Gus Dur). Saat ini, proses pemberian gelar pahlawan nasional kepada dua presiden tersebut tengah digodok oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang diketuai oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuturkan, pemerintah memberi kewenangan penuh pada Dewan Gelar untuk memberi gelar pahlawan nasional. Meski akhirnya, keputusan gelar pahlawan nasional akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini sudah lama ya. (Pemberian gelar pahlawan nasional) Gus Dur - Soeharto, tim lah yang nanti sampai ke presiden yang akan memutuskan akhirnya," ujar JK ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/11/2015).

Ia mengakui, proses pemberian gelar pahlawan pada dua presiden tersebut harus melalui beberapa tahap agar tak menimbulkan ekses yang besar terhadap masyarakat yang pro dan kontra.\

"Semua orang punya kriteria masing-masing. Kita lihat saja," tutur JK singkat.

Sebelumnya, Menhan Ryamizard mengungkapkan bahwa kedua tokoh nasional tersebut tetap layak mendapatkan gelar pahlawan meski ada pihak yang pro dan kontra. Hal itu didasari karena kedua tokoh tersebut dinilai telah meletakan dasar-dasar negara yang kuat.

"Walaupun bagaimana kekurangan, mereka sudah meletakkan dasar-dasar yang kuat untuk negara ini," tegas Ryamizard beberapa waktu lalu.


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA