Mega Proyek Listrik Pemerintah Diyakini Naikkan Harga Batu Bara

Eko Nordiansyah    •    Senin, 09 Nov 2015 22:21 WIB
batu bara
Mega Proyek Listrik Pemerintah Diyakini Naikkan Harga Batu Bara
Batu bara (ANT,Yusran Uccang).

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) optimistis harga batu bara akan kembali meningkat. Keyakinan tersebut didorong oleh permintaan untuk batu bara yang ke depannya juga diprediksi akan meningkat.

Direktur Utama PTBA Milawarwa menuturkan kebijakan mega proyek pembangunan pembangkit listrik sebesar 35.000 megawatt (mw) diharapkan akan meningkatkan permintaan batu bara.

"Dari sisi kebutuan domestik, sudah dipastikan akan meningkatkan apalagi 35 ribu mw, fast track tahap pertama sehingga skenario kebutuhan dalam negeri akan meningkat 166 juta ton untuk PLN," kata dia di Gedung BEI, SCBD, Jakarta Selatan, Senin (9/11/2015).

Dirinya menambahkan, permintaan di hampir 80 persen wilayah Asia Pasifik akan batu bara juga masih tinggi. Sehingga diharapkan juga mendorong tingginya permintaan batu bara PTBA.

"Untuk ekspor konsumsi batu bara atau yang diperdagangkan, antara benua ya diperhitungkan supply demand 80 persen transaksinya di Asia Pasific," terang dia.

Sementara itu, sampai dengan kuartal III-2015 penjualan PTBA mencapai 5,31 juta ton. Sedangkan untuk kemampuan produksi perseroan mencapai 5,76 juta ton.

Untuk pendapatan PTBA, pada kuartal III-2015 mencapai Rp 3,99 triliun atau naik dari kuartal sebelumnya yang hanya Rp 3,23 triliun. Adapun laba bersih yang diterima PTBA pada kuartal III-2015 sekitar Rp710 miliar.


(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA