Ultah ke-70, PBB Bangun Koneksi Signifikan dengan Pemerintah Indonesia

Fajar Nugraha    •    Selasa, 10 Nov 2015 12:08 WIB
indonesia-pbb
Ultah ke-70, PBB Bangun Koneksi Signifikan dengan Pemerintah Indonesia
Menlu Retno Marsudi saat bertemu Sekjen PBB September lalu (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merayakan hari jadi ke-70. Dalam perayaan ini, PBB memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

Kementerian Luar Negeri bersama dengan Perwakilan PBB di Jakarta, mengatakan lokakarya peringatan hari PBB itu. Peringatan ini mempertemukan instansi pemerintah, badan PBB, mitra pembangunan serta lembaga riset dan akademik untuk merefleksikan dan meningkatkan pemahaman publik mengenai kerja sama dan kemitraan antara Indonesia dan PBB.

"Sejak 1957 kita berpartisipasi dalam operasi pasukan perdamaian PBB. Lebih dari ribuan pasukan Indonesia terlibat di lebih 40 misi PBB di dunia," ujar Menlu Retno Marsudi, dalam pembukaan seminar PBB, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Menlu menambahkan bahwa dalam bidang perdamaian dan keamanan, Indonesia senantiasa berpartipasi aktif dalam upaya penyelesaian sengketa secara resmi serta pencegahan dan resolusi konflik. Ini termasuk kontribusi terhadap berbagai Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB.

Dalam bidang pembangunan, Indonesia mencetak kemajuan signifikan dalam upaya mencapai tujuan Millenium Development Goal (MDGs). Menurut Menlu Retno, Indonesia memainkan peranan besar dalam proses penyusunan Agenda Pembangunan Pasca-2015.

"Indonesia juga aktif dalam bidang hak asasi manusia (HAM), sebagai anggota Dewan HAM PBB. Indonesia terus membantu menyediakan bantuan kemanusiaan termasuk pengungsi dan pencari suaka," tutur Menlu.

Menlu Retno turut menyampaikan penghargaannya bagi kontribusi PBB terhadap Indonesia, sebagai salah satu mitra pembangunan.

Keterlibatan Indonesia dalam misi perdamaian PBB, turut menjadi perhatian utama. Indonesia menyampaikan komitmen untuk mengirimkan 4.000 pasukan perdamaian hingga pada 2019.

Saat ini terdapat 125.000 personel yang melakukan tugasnya di misi perdamaian PBB seluruh dunia. Sementara pasukan Indonesia yang terlibat dalam pasukan perdamaian saat ini mencapai 2.800.
 


(FJR)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA