Banyak Negara Eropa Dukung Keanggotaan RI di DK PBB

Fajar Nugraha    •    Selasa, 10 Nov 2015 14:01 WIB
indonesia-pbb
Banyak Negara Eropa Dukung Keanggotaan RI di DK PBB
Dewan Keamanan PBB (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia bermaksud untuk mengajukan diri sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB). Banyak negara Eropa menyatakan dukungannya.

Menurut Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Hasan Kleib, sudah banyak negara yang memberikan dukungannya. Indonesia pun bersaing dengan Maladewa untuk keanggotaan tidak tetap DK PBB periode 2019-2020.

"Sudah ada dua calon, Indonesia dan Maladewa. Pemilihannya pada Oktober 2018, tapi kita terus upayakan dukungan dan optimis dalam konteks perolehan suara," ujar Hasan Kleib, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

"Ada tiga dukungan timbal balik, dukungan unilateral seperti di ASEAN gentleman agreement. Terakhir dukungan lisan dan tertulis," lanjutnya.

Hasan menyebutkan bahwa Indonesia optimis mendapatkan posisi tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya dukungan yang didapatkan Indonesia.

"(Banyak dari) negara di Eropa dan Amerika Latin yang memberi dukungan. Ada negara anggota UE yang jadi anggota DK memberikan dukungan pada kita. Kita sudah pernah dukung mereka kemarin dan memberika pledging mereka," lanjutnya.

Pemilihan anggota tidak tetap DK PBB berlangsung pada Oktober 2018. Hingga saat itu, diplomat Indonesia pun terus mencari dukungannya.

 


(FJR)