Bocah RI Menang Lomba Poster FAO, Menlu Mengaku Terkesan

Fajar Nugraha    •    Selasa, 10 Nov 2015 14:47 WIB
indonesia-pbb
Bocah RI Menang Lomba Poster FAO, Menlu Mengaku Terkesan
Menlu Retno Marsudi bersama pemenang kontes poster FAO (Foto: Dok. Kemlu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bocah perempuan Indonesia Gifti Bunga Adianti, menang dalam lomba poster dunia yang diadakan oleh Food Agricultural Organization (FAO). Menlu Retno Marsudi pun menyatakan kekagumannya.

"Bagus sekali, saya bangga sekali ya. Satu, gambarnya bagus sekali, it is very colorful," ujar Menlu Retno Marsudi, dalam pembukaan seminar PBB, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

"Kemudian messages-nya (pesan) sangat bagus, dalam artian situasi dapat diatasi melalui sebuah partnership, kerja sama yang baik," lanjutnya.

Bocah berusia 8 tahun dari Bogor, Jawa Barat tersebut berpartisipasi bersama teman-teman sekolahnya dalam sebuah Kontes Poster Siswa Global yang diadakan FAO untuk Hari Pangan Sedunia 2015.   

Kontes diluncurkan dengan tema "Perlindungan Sosial dan Agrikultur: Memecahkan siklus kemiskinan pedesaan." Lukisan Gifti Bunga dinobatkan sebagai juara 1 dari 2.500 lukisan yang dikirimkan anak-anak dari seluruh dunia untuk kategori usia 5-8 tahun.   

Lukisan karya Bunga menggambarkan seorang petani dalam situasi "Sebelum dan sesudah" terkait dengan perlindungan sosial.

Bunga menggambar sebuah bank, sebuah bangunan pemerintah serta sebuah rumah sakit, sebagai agen kunci perlindungan sosial. Tampak petani tersenyum lebar di depan sebuah bangunan, dan di sebelahnya ada seekor sapi gemuk untuk melambangkan kesejahteraan.

Sebagai pemenang, karya Bunga akan dipamerkan di World Expo di Milan dalam perayaan Hari Pangan Sedunia 2015 di Italia. Ia juga akan menerima medali penghargaan 70 tahun FAO pada perayaan Hari PBB yang akan diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta, pada 10 November.

Perwakilan FAO di Indonesia, Mark Smulders, akan memberikan medali tersebut kepada Bunga. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan menyapa Bunga dan memberikan pujian atas pencapaiannya.  

Kompetisi internasional FAO tahun ini menunjukkan pentingnya menghapus kemiskinan di desa-desa, serta memastikan ketahanan pangan untuk semua orang.  

Kontes Poster Hari Pangan Sedunia (WFD) adalah salah satu proyek penjangkauan FAO yang tertua dan melibatkan siswa dari seluruh dunia. Sejak diluncurkan, kontes poster WFD telah menginspirasi ribuan anak-anak untuk menggunakan kreativitas dan bakatnya dan memikirkan cara-cara untuk melawan kemiskinan, kelaparan dan kekurangan gizi di negara mereka.


(FJR)