Jokowi Optimistis Tol Laut Terwujud

Desi Angriani    •    Selasa, 10 Nov 2015 15:14 WIB
jokowi
Jokowi Optimistis Tol Laut Terwujud
Salah satu kapal yang diresmikan beroperasi KM Sabuk Nusantara 56 Perintis Tipe 750 DWT. (Foto:MTVN/Desi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo optimistis tol laut segera terwujud setelah kapal pengangkut ternak di Bangkalan, Surabaya diresmikan. Presiden yakin distribusi nasional dapat dipenuhi dengan baik dan poros maritim semakin kuat.
 
"Saya sangat senang sekali karena kapal yang menghubungkan antara pulau, tol laut, satu per satu sudah terealisasi," kata Presiden di galangan Kapal PT Adi Luhung Sarana Segara Indonesia (ALSSI), Bangkalan, Surabaya, Selasa (10/11/2015).
 
Jokowi memaparkan, kapal pengangkut ternak berbeda dengan 200 kapal baru yang dipesan Kementerian Perhubungan. Kapal-kapal tersebut akan selesai dibuat selama tiga tahun. Kapal itu merupakan kapal patroli, penumpang dan barang.
 
"Tahun ini ada 200 kapal, tahun depan tambah 160 kapal. Saya yakin pelayanan angkutan untuk rakyat dan barang dapat terpenuhi dengan baik. Distribusi nasional juga dapat dipenuhi dengan baik. Poros maritim kita semakin kuat," ujarnya.
 
Menurut Jokowi, beroperasinya kapal ternak pertama di Indonesia berperan besar mengurangi biaya distribusi antar pulau antar provinsi. Dia mengatakan, kapal rakitan ALSSI tersebut memiliki standar internasional dengan kapasitas angkut 500 ekor sapi jenis Australia.
 
"Kapasitas 500 sapi dengan berat 200 groston, dibangun di galangan ini. Kiriman sapi dari NTT tidak perlu pakai truk lagi. Harga angkutan murah sehingga semua bisa bersaing," kata Jokowi.
 
Hari ini Jokowi meresmikan tiga kapal, yaitu KM Camara Nusantara 1, KM Sabuk Nusantara 56 Perintis Tipe 750 DWT, dan KM Sabuk Nusantara 55 Perintis Tipe 750 DWT. Hadir dalam peresmian itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, Plt KPK Taufiequrachman Ruqi.


(FZN)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

41 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA