Menlu dan Mendag Persiapkan Kunjungan Wapres ke APEC

Dheri Agriesta    •    Selasa, 10 Nov 2015 15:18 WIB
apec
Menlu dan Mendag Persiapkan Kunjungan Wapres ke APEC
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong sambangi kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla,--Foto: MTVN/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyambangi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kedatangan dua menteri Kabinet Kerja ini untuk mempersiapkan kedatangan JK dalam Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Manila.

Retno menegaskan bahwa mereka datang untuk melapor kepada Jusuf Kalla mengenai persiapan partisipasi Indonesia di dalam KTT APEC yang akan diselenggarakan di Manila tanggal 18-19 November.

Menurutnya, dalam KTT APEC, akan ada tiga isu besar yang diusung. Di antaranya, pembahasan memasukkan development goods ke dalam pembahasan APEC. Barang yang akan dimasukkan salah satunya, produk sawit.

Selain itu, isu kerjasama pembangunan infrastruktur juga akan dibawa ke APEC di Manila. Terakhir, pemerintah akan membawa kerjasama di bidang maritim.

"Ini merupakan suatu kontinuitas kita, yang kita usung dalam APEC. Jadi intinya itu," kata Retno di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).

Ia dan Mendag Thomas Lembong akan terbang lebih dulu ke Manila mempersiapkan segalanya. Menteri Perdagangan memiliki posisi cukup besar dalam KTT ini.

Sementara itu, Thomas Lembong mengatakan, ada agenda lain yang diusulkan dalam KTT di Manila. Salah satunya kesepakatan mengenai perdagangan jasa.

"Jadi sudah ditingkat menteri. Jadi sudah dikerjakan APEC Services Agreement yang lebih ke perdagangan jasa. Ini mungkin sesuatu yang patut kita perhatikan. Kita kan sering ngomong neraca perdagangan, ngomongnya kebanyakan perdagangan barang. Padahal jasa itu besar dan tumbuh sekali," jelas Thomas.


(MBM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA