Patung Jenderal Soedirman Tak Terawat, Ini Kata Ahok

Wanda Indana    •    Selasa, 10 Nov 2015 16:25 WIB
hari pahlawan
Patung Jenderal Soedirman Tak Terawat, Ini Kata Ahok
Warga hormat mengeraha pada patung Jenderal Soedirman, Jakarta. (Foto:MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperbaiki dan merawat patung pahlawan yang ada di Ibu Kota. Perawatan dilakukan secara berkala agar tidak rusak karena cuaca dan perbuatan orang tidak bertanggungjawab.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama tidak memungkiri banyak patung pahlawan di Jakarta kurang terawat. Ahok berjanji akan merawat patung pahlawan di Ibu Kota.
 
"Nanti kita urus, kita rawat. Perawatan berkala dan rutin," kata Ahok usai menghadiri rapat paripurna di Gedung Paripurna DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).
 
Sejumlah patung pahlawan nasional berdiri kokoh di beberapa ruas jalan di Ibu Kota. Salah satunya, patung Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR) atau TNI Jenderal Soedirman di simpangan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.
 
Patung setinggi 12 meter berdiri kokoh, namun tampak tak terurus. Dinding pada penyangga setinggi 5,5 meter yang dilapis ubin berwarna hitam ini terlihat kotor dan warnanya memudar.
 
Tak hanya itu, patung yang terbuat dari perunggu ini terlihat lusuh. Beberapa garis coretan cat semprot masih membekas di badan dan kaki patung.
 
Salah satu warga Matraman, Dina, 55, menyayangkan patung pahlawan nasional tidak terawat. Seharusnya, pemerintah merawat dan menjaga patung tersebut.
 
"Iya seharusnya dirawat, ini sudah enggak ada yang terawat patung-patungnya. seharusnya tiga tahun sekali atau berapa kali dibersihkan dirawat," kata Dina.


(FZN)