Pembuatan 60 Sumur Resapan di Jaktim Rampung

Ilham wibowo    •    Selasa, 10 Nov 2015 16:29 WIB
banjir jakarta
Pembuatan 60 Sumur Resapan di Jaktim Rampung
Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Jakarta, Senin (11/11/2013). Foto: Zabur Karuru/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Jakarta tengah bersiap menghadapi potensi banjir setelah musim penghujan tiba. Upaya antisipasi antara lain pembuatan sumur resapan dan sodetan kali. 

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur Ahmad Yazied Bustomi mengatakan, 60 titik pembuatan sumur resapan di Jakarta Timur telah rampung. 

"Sumur resapan tersebar di kecamatan Duren Sawit, Cipayung, Pasar Rebo, Ciracas dan Pulo Gadung. Ke depan akan dilakukan untuk seluruh wilayah kecamatan membuat sumur resapan," tutur Yazied saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya, Selasa (10/11/2015)

Menurut Yazied, program pembuatan sumur resapan ini merupakan tahun pertama. Sebelumnya, kata dia, sumur resapan dibuat dan didesain Kantor Lingkungan Hidup (KLH). Sumur itu nantinya juga berfungsi sebagai pengendali banjir, tapi juga sebagai penyimpan cadangan air

"Kedalaman sumur resapan bervariasi sekitar 4 sampai 6 meter," paparnya.

Pemkot Jakarta Timur, kata dia, akan membuat lebih banyak lagi sumur resapan. Utamanya, di permukiman yang kerap tergenang air saat musim penghujan tiba. Air hujan yang ditampung, nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan air bersih.

"Kantor Lingkungan Hidup programnya juga seperti itu," kata Yazid. 

Dana sebesar Rp900 juta digelontorkan untuk pembuatan sumur resapan tahun ini. Anggaran juga dialokasikan untuk penanganan genangan air. 


(KRI)