Surat Capim KPK sudah Diserahkan ke Komisi III

Astri Novaria    •    Selasa, 10 Nov 2015 17:27 WIB
capim kpk
Surat Capim KPK sudah Diserahkan ke Komisi III
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah-----MTVN/Mei

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan DPR RI sudah menyerahkan surat persetujuan tindak lanjut dari surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait delapan nama calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Komisi III. Surat diserahkan di akhir masa sidang.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, surat ditandatangani dirinya. Surat tersebut, dikatakan Fahri, diserahkan setelah pimpinan bertemu Presiden Joko Widodo.

"Itu sudah saya serahkan di akhir masa sidang," ujar Fahri di Komplek Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).

Fahri mengatakan, sebelum menandatangani surat, pimpinan DPR sudah rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo terkait revisi UU KPK. Rapat dilakukan pada Selasa, 13 Oktober 2015. Dalam rapat tersebut, Jokowi meminta revisi UU KPK ditunda. Fahri menyebut, soal revisi juga sudah diserahkan ke Komisi III.

Politikus PKS itu menampik DPR disebut mengulur waktu uji kepatutan dan kelayakan. Menurut dia, banyak hal yang menjadi pertanyaan sejumlah kalangan di Komisi III mengenai calon pimpinan KPK tersebut. Salah satunya terkait KPK yang dianggap berseberangan dengan lembaga lain dalam pemberantasan korupsi.

"Jangan tahu-tahu nanti berantem lagi. Rakyat yang rugi," paparnya.

Fahri memastikan uji tersebut akan dilaksanakan usai reses anggota dewan yang akan masuk kembali pada 16 November mendatang.


(TII)