Ribuan Burung Ilegal Diamankan dari Kapal Penumpang

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Selasa, 10 Nov 2015 17:48 WIB
penyelundupan
Ribuan Burung Ilegal Diamankan dari Kapal Penumpang
Polair Polda Jatim amankan ribuan burung tanpa dokumen di Tanjung Perak Surabaya, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Ribuan burung ilegal diamankan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Namun, beberapa burung sudah mati.

Direktorat Polisi Air Polda Jatim menemukan 1.005 ekor burung di Kapal Motor Penumpang (KMP) Gerbang Samudra di Dermaga Jamrud, Tanjung Perak, Selasa 10 November. Polisi tak menemukan dokumen terkait burung-burung itu. 

Polisi menetapkan tiga tersangka dalam kasus tersebut yaituFeni warga Sidoarjo; Wawan, warga Jalan Peneleh, Surabaya; dan Prasetyo asal Semarang. Ketiga orang itu membawa burung-burung tersebut dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kaubdit Gakkum Ditpolair Polda Jatim Kompol Mustofa mengatakan itu bermula dari kecurigaan saat melihat KMP Gerbang Samudra sandar. Banyak kardus dalam kapal tersebut. Setelah pemeriksaan, ternyata kardus-kardus itu berisi burung.

"Kami juga melihat sebagian burung sudah diangkuti menggunakan sepeda motor. Lalu kami periksa lagi masuk ke kamar-kamar kapal dan mendapatkan banyak burung di dalamnya,” jelasnya.

Rinciannya burung yang disita aparat 18 ekor burung suing air coreng, 1 ekor puyuh mahkota, 24 ekor beo, 408 ekor cicak ijo, 16 ekor cicak jenggot, 9 ekor serindil melayu, 10 ekor kacer, 22 ekor kolibri, 468 ekor murai batu dan 1 ekor pelatuk.

Namun, kata Mustofa, 15 ekor burung dalam kondisi mati. Mustofa memperkirakan burung-burung itu tak leluasa bergerak di dalam kardus dan kepanasan, hingga akhirnya mati.

Mustofo menjelaskan, burung-burung akan dibawa ke Surabaya dan Semarang. Polisi kini tengah mengembangkan penyelidikan untuk menemukan pihak penadah.

"Akan kami kembangkan lebih lanjut. Saat ini kami selamatkan dulu burungnya dan kami titipkan ke balai karantina hewan," ungkap Mustofa.


(RRN)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

3 hours Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA