Ribuan Burung Diamankan di Surabaya Bernilai Rp17 Juta

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Selasa, 10 Nov 2015 18:47 WIB
penyelundupan
Ribuan Burung Diamankan di Surabaya Bernilai Rp17 Juta
Polair Polda Jatim amankan ribuan burung tanpa dokumen di Tanjung Perak Surabaya, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Ribuan ekor burung yang diamankan di Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, berasal dari Kalimantan Selatan. Diduga, burung-burung itu didapat dari hasil berburu di hutan Kalimantan.

Kasubdit Gakku Ditpolair Polda Jatim Kompol Mustofa mengatakan tiga tersangka membeli 1.005 ekor burung dari seseorang di Kalimantan. Ketiga tersangka berencana menjual burung-burung itu di Surabaya dan Semarang, Jawa Tengah.

"Pengakuan tersangka burung-burung itu dibeli seharga Rp17 juta dengan mendapatkan ribuan ekor burung,” ujar Mustofa dalam gelar perkara di Surabaya, Selasa (10/11/2015).

Ketiga tersangka kemudian menjual burung dalam bentuk eceran. Harga burung berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp450 ribu.

"Misalnya burung beo dibeli seharga Rp 250 ribu. Kemudian oleh tersangka dijual seharga rp 450 ribu,” kata Mustofa.

Polair menetapkan tiga tersangka dalam kasus tersebut yaitu yaitu Feni warga Sidoarjo; Wawan, warga Jalan Peneleh, Surabaya; dan Prasetyo asal Semarang.

Polisi menjerat ketiga tersangka dengan pasal 31 ayat 1 UU No. 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan jo pasal 55 KUH Pidana. Ancaman hukumannya yaitu tiga tahun penjara dan denda Rp 150 juta.

(Baca: Ribuan Burung Ilegal Diamankan dari Kapal Penumpang)
 


(RRN)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

3 hours Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA