Pahlawan Tidak Melulu yang Angkat Senjata

Dimas Prasetyaning    •    Selasa, 10 Nov 2015 19:11 WIB
Pahlawan Tidak Melulu yang Angkat Senjata

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah seorang tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan tahun ini adalah Ki Bagus Hadikusumo. Nama yang relatif asing bagi kebanyakan dari kita. Siapakah dia? Apa peran pentingnya dalam perang kemerdekaan RI? 

Selama hidupnya Ki bagus Hadikusumo tidak dikenal sebagai sosok yang mengangkat bambu runcing atau senjata api. Tapi dialah anggota BPUPKI yang menyiapkan naskah Pancasila dan UUD RI, dua dasar negara dan konstitusi RI.

"Pahlawan memang tidak melulu yang berperang mengangkat senjata. Ada pejuang konstitusi," ujar Waka MPR Hidayat Nurwahid dalam dialog pilar negara di Perpustaan MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Selain kepada Ki Bagus Hadikusumo, menurut Hidayat  selayaknya Indonesia juga memberikan penganugerahan gelar pahlawan kepada R. Kasman Dimedjo. Karena  seperi Ki Bagus, Kasman juga berkontribusi dalam perjuangan penyusunan konstitusi di Indonesia. 

"Mudah-mudahan di tahunyang akan datang, giliran Kasman Dimedjo yang mendapat penganugerahan gelar pahlawan," tambah Hidayat. 

Menurut politikus PKS ini pengertian pahlawan jangan hanya sebatas yang terlibat dalam proses kemerdekaan bangsa. Di masa kini pahlawan juga seseorang yang giat memberantas korupsi, memadamkan kebarakan lahan, membekuk sindikat narkoba raksasa, guru di daerah pedalaman dan lain sebagainya.

"Ketika kita mengalami darurat asap, darurat narkoba, darurat korupsi hingga darurat kejahatan pedofilia, bukan tidak mungkin akan ada sosok pahlawan yang dianugerahi dari bidang tersebut, meski mereka tidak pernah berharap mendapat gelar pahlawan," jelasnya.
 
(LHE)