Hadiri APEC, JK Pastikan Bawa Kepentingan Nasional

Dheri Agriesta    •    Selasa, 10 Nov 2015 20:10 WIB
ktt apec
Hadiri APEC, JK Pastikan Bawa Kepentingan Nasional
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto:MTVN/Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Conference (APEC) di Manila, Filipina. JK pun memastikan akan membawa kepentingan nasional dalam KTT itu.

“Pasti lah, pasti, namanya kita ikut. Perdagangan yang adil, peningkatan Usaha Kecil Menengah (UKM), suatu bilateral perdagangan yang saling mendukung,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).

KTT ini akan digelar 18 dan 19 November di Manila, Filipina. Meski anggota APEC banyak yang ikut dalam Trans Pacific Partnership (TPP), JK mengatakan belum tentu akan dilakukan pembahasan mengenai ketertarikan Indonesia bergabung dengan organisasi itu.

“Dia berbeda, dia punya medianya, organisasinya,” kata JK.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, ia dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong akan terbang lebih dulu ke Manila untuk mempersiapkan segalanya. Menteri Perdagangan memiliki posisi cukup besar dalam KTT ini.

Sementara itu, Thomas mengatakan, ada agenda lain yang diusulkan dalam KTT di Manila itu. Salah satunya kesepakatan mengenai perdagangan jasa.

"Jadi sudah ditingkat menteri. Jadi sudah dikerjakan APEC Services Agreement yang lebih ke perdagangan jasa. Ini mungkin sesuatu yang patut kita perhatikan. Kita kan sering ngomong neraca perdagangan, ngomongnya kebanyakan perdagangan barang. Padahal jasa itu besar dan tumbuh sekali," jelas Thomas.


(ALB)