Kapolri: Jangan Remehkan Bintara Polisi

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Selasa, 10 Nov 2015 20:20 WIB
kepolisian
Kapolri: Jangan Remehkan Bintara Polisi
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. (Antara/Maulana Surya)

Metrotvnews.com, Surabaya: Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta unsur pimpinan di kepolisian tidak meremehkan anggota polisi berpangkat bintara. Sebab, saat bertugas justru bintara yang selalu berada di garis paling depan penjagaan keamanan.

“Jangan dikecilkan. Jangan dikerdilkan arti mereka. Selama ini mereka berada paling depan menghadapi masalah di masyarakat,” kata Badrodin saat berkunjung ke Polda Jatim, Selasa (10/11/2015).

Bagi Badrodin, bintara merupakan representasi negara yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Mantan Wakapolda Jatim ini mencontohkan saat bintara bergerak ketika terjadi kecelakaan di jalan. Begitu juga ketika anggota di lapangan menangani keamanan dan masalah di masyarakat. “Kalau polisi di lapangan berhasil, artinya negara hadir. Tapi kalau tidak berhasil, artinya negara tidak hadir,” ucapnya.

Dijelaskan Badrodin, selama ini terjadi kesalahan dalam pembinaan anggota yang diterapkan institusi kepolisian. Bintara seolah-olah sebagai anak buah yang harus melaksanakan perintah atasan tanpa mencerna terlebih dahulu kondisi lapangan. “Pola seperti itu harus diubah. Bintara harus diberdayakan dan dipintarkan agar cakap menghadapi persoalan sehari-hari di masyarakat,” ucapnya.

Badrodin mengumpulkan seluruh pimpinan di Polda Jatim di sela-sela kunjungannya di Jatim mendampingi Presiden Joko Widodo. Dalam arahan dan pemaparan di Gedung Mahameru Polda Jatim polisi berpangkat bintara juga diikutkan dalam forum tersebut.



(UWA)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

3 hours Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA