MSJ Sebut Ahok Tak Mengerti Kebudayaan

Intan fauzi    •    Rabu, 11 Nov 2015 03:26 WIB
ahok
MSJ Sebut Ahok Tak Mengerti Kebudayaan
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama ---MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Seniman Jakarta (MSJ) menolak keras rencana Pemerintah Provinsi DKI untuk menggunakan Unit Pengelolaan Teknis (UPT) dalam mengelola Taman Ismail Marzuki.

MSJ menyebut Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak paham soal kebudayaan. Radhar bahkan mengusulkan agar Ahok memahami esensi kebudayaan sebelum memutuskan masa depan pengelolaan TIM.

"Ahok tidak paham kebudayaan dan Ahok keliru. Karena keliru lebih baik tidak usah bicara kebudayaan. Dia lebih ngerti sampah dan kali. Bahkan dulu dia tidak ngerti sampah dan kali. Tapi dia belajar, kenapa dia enggak belajar kebudayaan. Dia kenapa juga tidak ngobrol dengan penggiat kebudayaan. Apa kesulitanya?," ujar salahsatu anggota MSJ Radhar Panca Dahana, di TIM, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2015).

Radhar menyebut, sejauh ini Ahok telah keliru menilai keinginan seniman TIM. Kata dia, uang bukanlah jadi alasan utama yang membuat para seniman TIM menolak UPT. Meski, Ia menyadari bahwa Pemprov bahkan negara belum hadir untuk mensejahterakan seniman.

"Ketika dia meringkas masalah bahwa semuanya duit. TIM entah tanah siapa? Properti semuanya dari Pemda. Semua yg terkait dengan Pemda. Keuntungannya untuk Pemda tapi dia tidak membiayai mau apa?," tukas Radhar.

"Selama ini katanya kita minta uang? Kita dikasih hibah sama kayak infaq sama sadaqah kita kaya faqir, itu juga cuma tiga kali. Membiayai seniman, bahkan memberi saja tidak. Mau jadi apa kebudayaan?," sambungnya.


(ALB)