Makanan Pemicu Sendi Kaku dan Bengkak

   •    Rabu, 11 Nov 2015 11:49 WIB
kesehatan
Makanan Pemicu Sendi Kaku dan Bengkak
Tomat bisa memicu sendi bengkak. (foto:healthylnb.com)

Metrotvnews.com, New York: Minyak zaitun, kacangan-kacangan dan minyak ikan terbukti ampuh mengatasi nyeri sendi. Namun, nyatanya ada makanan tertentu yang punya andil besar membuat sendi kaku dan membengkak. 

Karenanya, tak heran lagi bila Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyebutkan bahwa satu dari lima orang dewasa di Amerika Serikat didiagnosis menderita arthritis atau nyeri sendi.

Dan berikut adalah makanan yang bila dikonsumsi berlebihan memicu masalah sendi.

1. Tomat
Tomat biasanya dianggap anti-inflamasi, namun penelitian baru membuktikan tomat dapat mempengaruhi arthritis jenis gout. Para peneliti menlakukan survei 2.051 orang yang memiliki gout, 20 persen di antaranya mengaku tomat sebagai 'biang keladinya'. Lagipula, makan banyak tomat bisa meningkatkan kadar asam urat. Itulah mengapa para ahli selalu menyarankan untuk mengonsumsi tomat sewajarnya saja.

2. Jagung, biji bunga matahari, dan minyak kedelai
Asam lemak omega-3 mungkin sangat akrab di telinga Anda. Tetapi, pernahkah Anda mendengar tentang asam lemak omega-6? Jika tidak, asam lemak omega-6 bila dimakan terlalu banyak berbahaya karena menyebabkan sendi kaku dan membengkak. 

Dan minyak kedelai, jagung dan biji bunga matahari memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang begitu tinggi. Di sisi lain, asam lemak omega-6 dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng, margarin, kuning telur dan daging. 

3. Minuman bersoda 
Menurut American Journal of Clinical Nutrition, minuman bersoda tidak hanya menempatkan Anda pada risiko diabetes dan penyakit jantung tetapi juga membawa Anda pada masalah sendi yang cukup parah. Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi soda punya kaitan yang begitu erat dengan masalah arthritis. (Sumarni/ Prevention)


(LOV)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA