Elemen Masyarakat Madura Harus Satu Suara

Teguh Nirwahyudi    •    Rabu, 11 Nov 2015 12:13 WIB
madura mau jadi provinsi
Elemen Masyarakat Madura Harus Satu Suara
Tokoh masyarakat menandatangani naskah P4M di Gedung Rato Ebuh, Bangkalan, Jatim, Selasa 10 November 2015. Antara Foto/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Madura: Upaya Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) mendeklarasikan pembentukan Provinsi Madura diapresiasi. Namun, terwujudnya Provinsi Madura tergantung koordinasi dan komunikasi politik antara pemangku kepentingan.

Anggota DPR yang juga berasal dari Madura Slamet Junaedi  mengatakan upaya mencapai kesepahaman bersama lintas aktor politik bukan hal mudah, terlebih kepentingan kelompok dan golongan dalam pusaran politik Madura sangatlah kencang.

Slamet menyarankan semua pemangku kepentingan di Madura berkoordinasi termasuk dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur. "Kalau tidak, mustahil pembentukan Provinsi Madura bisa terealisasi dalam waktu dekat,” katanya di Madura.

Wacana mengenai pemisahan Madura dari Provinsi Jawa Timur memang bukan kabar baru. Dalam lingkup politik lokal, topik pemekaran selalu menjadi bahasan menarik bagi masyarakat Madura.

Namun, Slamet Junaedi menyayangkan belum terjalinnya komunikasi lintas sektor untuk membahas wacana itu. Aktor politik di Madura seperti bupati, menurutnya, sibuk dengan rutinitas kedaerahan.

“Semuanya masih dalam kajian akademis, Belum ada koordinasi yang dibangun, hanya gaungnya saja selama ini,” ujar anggota Komisi VI DPR ini.

Maka dari itu, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan berkumpul untuk merumuskan langkah-langkah yang harus ditempuh guna mewujudkan pembentukan Provinsi Madura secepatnya. Ulama, tokoh masyarakat, dan pemimpin daerah harus satu suara guna memenuhi syarat administratif pemekaran.

Syarat membentuk provinsi salah satunya minimal sebuah daerah memiliki lima kabupaten. Sementara Madura hanya ada empat kabupaten. Salah satu jalannya adalah memecah Kabupaten Sumenep yang populasinya di atas satu juta.

"Untuk mewujudkan itu, elemen masyarakat harus berkumpul,” kata anggota Fraksi NasDem ini.


(TRK)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA