Survei Cyrus: Ahok Masih Favorit

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 11 Nov 2015 14:07 WIB
pilgub dki 2017
Survei Cyrus: Ahok Masih Favorit
Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Basuki Tjahaja Purnama masih favorit untuk menjadi pemimpin Ibu Kota. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersaing di posisi kedua dan ketiga.

Hal itu tergambar dalam hasil survei Cyrus Network Research and Consulting pada 27 Oktober hingga 1 November. Ahok mendapat dukungan 40,7 persen responden.

Sementara Ridwan Kamil memperoleh dukungan sebesar 15,9 persen. Lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (9,1 persen), dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault (6,7 persen).

Nama lain yang masuk survei, Nachrowi Ramli, Biem Benyamin, Abraham 'Lulung' Lunggana, Djarot Saiful Hidayat, dan Sandiaga Uno. Dukungan untuk mereka jauh di bawah Ahok, Emil, Risma, dan Adhyaksa.

Managing Director Cyrus Network Research and Consulting Eko Dafid Alfianto mengatakan konstelasi calon penantang Ahok mulai berubah signifikan. Bila sebelumnya penantang potensial Ahok hanya Emil dan Risma, hasil survei menemukan nama lain.

"Adhyaksa Dault mendapat dukungan signifikan," kata Eko di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Perubahan signifikan ini terjadi karena ada pemberitaan masif terhadap para bakal calon gubernur DKI. Survei ini melibatkan 1.000 responden di seluruh wilayah Jakarta. Survei menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen.


(TRK)