Ini Masalah Kecantikan yang Dipengaruhi Oleh Makanan

   •    Rabu, 11 Nov 2015 14:22 WIB
kecantikan
Ini Masalah Kecantikan yang Dipengaruhi Oleh Makanan
Waspadai masalah kulit akibat makanan. (foto:mirror.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan dan minuman memiliki dampak langsung untuk kesehatan kulit wajah Anda. Ahli kulit, Nigma Thalib mengaku masalah penuaan yang dialami pasiennya sebagian besar karena kebanyakan makan.

Menurut Nigma, ini mungkin disebabkan karena banyak orang yang tidak memiliki toleransi terhadap makanan sehingga mengalami masalah pencernaan makanan. Dampaknya, hormon kimia akan mempercepat proses penuaan internal maupun eksternal pada wajah.

"Makanan yang berperan dalam hal ini adalah gluten, susu, gula dan alkohol," ujarnya.

Gejala penuaan bisa berbeda-beda, ada yang berupa bintik-bintik, pembengkakan, perubahaan warna kulit, garis-garis halus dan kerutan dini. Bagian wajah yang cenderung terpengaruh paling cepat yakni dahi, dagu, pipi ataupun mata

Nigma membagi beberapa tipe wajah berikut yang menunjukkan kelebihan makanan atau minuman tertentu.

1. Wajah 'wine'
Gejala khasnya terlihat pada mata memerah, kelopak mata sayu, pori-pori membesar, kulit dehidrasi, pipi dan hidung kemerahan. Nigma menyebutkan wajah wine bukan tanpa alasannya.

Sebab, karakteristik ini sangat khas dialami oleh seseorang yang gemar minum alkohol. Alkohol itu tinggi gula sehingga pasti merusak kolagen protein yang berperan menjaga kulit untuk tetap elastis. Solusinya adalah dengan berhenti minum alkohol.

2. Wajah 'gula'
Tanda-tandanya bisa ditunjukkan dengan garis dan kerutan di dahi, bawah mata kendur, wajah lebih tirus, penipisan kulit dan wajah berwarna abu-abu.

Gula memicu proses yang disebut glycation, yang ketika molekul glukosa berlebih menempel pada kolagen, yang artinya membawa kulit Anda lebih kaku dan tidak fleksibel.

Mengurangi asupan gula seperti kue, biskuit, jus buah, karbohidrat dan makanan olahan benar-benar berdampak bagus pada kecantikan wajah Anda.

3. Wajah 'susu'
Kelebihan produk susu olahan dapat terlihat pada kelopak mata yang membengkak, lingkaran hitam di bawah mata, bintik-bintik putih kecil dan benjolan di dagu.

Lebih mudah, Anda mungkin dapat menyadarinya dengan bersendawa atau mual ringan setelah minum susu. Jadi, bila Anda merasa terlalu banyak mengonsumsi susu segera kurangi itu mulai sekarang.

4. Wajah 'gluten'
Pipi merah, pigmentasi kulit dan bintik-bintik di sekitar dagu merupakan petunjuk Anda terlalu banyak mengonsumsi gluten. Pada dasarnya, gluten tidak hanya mempengaruhi wajah tetapi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bisa jadi, ini memungkinkan Anda menderita penyakit celiac. Karena itu, segera kurangi makan berbau gluten dan minum lebih banyak air dan serat untuk mengatasi masalah wajah Anda. (Sumarni/ Dailymail)


(LOV)