Semen Indonesia Bidik Ekspor Semen ke Australia, Myanmar dan Bangladesh

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 11 Nov 2015 14:50 WIB
semen indonesia
Semen Indonesia Bidik Ekspor Semen ke Australia, Myanmar dan Bangladesh
Ilustrasi. Antara/Eric Ireng

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) tengah membidik potensi pasar negara lain untuk meningkatkan penjualan perusahaan melalui ekspor. Beberapa negara yang diincar adalah Australia, Bangladesh, dan Myanmar.

"Australia punya kebijakan lingkungan menurunkan produksi semennya, tapi konsumsinya enggak turun. Ini menjadi pasar potensial," kata Direktur Utama SMGR Suparni di Gedung BEI, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2015).

Perseroan juga tengah mengincar negara-negara di regional Asia, seperti Myanmar dan Bangladesh. Kedua negara tersebut dibidik karena adanya kenaikan permintaan semen sementara itu tingkat produksinya masih rendah.

"Dari regional market Myanmar tumbuh, kapasitasnya tumbuh enam juta produksi hanya satu juta. Bangladesh enggak punya pabrik. 1, 85 persen semen Bangladesh dari impor," jelas dia.

Untuk memenuhi permintaan ekspor, saat perusahaan plat merah tersebut juga sedang mempercepat pembangunan pabrik baru yaitu Indarung VI di Sumatera Barat dan Rembang Jawa Tengah yang diproyeksikan rampung pada kuartal III-2016.

Dengan tambahan dua pabrik tersebut, Suparni menjelaskan jika Semen Indonesia akan mendapat tambahan kapasitas 6 juta ton. Sebab masing-masing pabrik memiliki kapasitas produksi mencapai tiga juta ton.


(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA