Anak Buah Ditangkap, Kaligis Minta Kuitansi Diamankan

Renatha Swasty    •    Rabu, 11 Nov 2015 16:07 WIB
oc kaligis tersangka
Anak Buah Ditangkap, Kaligis Minta Kuitansi Diamankan
OC Kaligis ditahan KPK (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengacara O.C. Kaligis diketahui meminta anak buahnya mengamankan kuitansi yang ada di kantor pengacara Kaligis and Associates. Permintaan itu dilakukan usai anak buahnya, M Yagari Bhastara alias Gerry, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Hal ini terungkap dalam sadapan telepon antara Kaligis dengan sekretaris pribadi Kaligis, Yenny Octarina Misnan, pada 9 Juli 2015 sekitar pukul 10.20 WIB, sesaat setelah Gerry ditangkap KPK di PTUN Medan.
 
"Tolong itu kuitansi kamu amankan semua," kata Kaligis dalam sadapan yang diperdengarkan dalam persidangan pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (11/11/2015).
 
"Ya...ya...ya," jawab Yenny.
 
Dalam panggilan telepon itu, Kaligis sempat bertanya perihal penangkapan Gerry pada Yenny. Kaligis mengetahui Gerry pergi dengan membawa buku.
 
"Tapi pasti dia dipancing itu, karena kemarin dia bilang bawa bukunya. Saya bilang bawa saja bukunya, tapi saya tidak tahu bagaimana ceritanya," kata Kaligis kepada Yenny.
 
Terkait percakapan telepon itu, Jaksa menanyakan perihal pengamanan kuitansi. Kaligis mengaku dirinya meminta kuitansi diamankan dengan maksud supaya tidak dilihat penyidik KPK.
 
"Memang harus diamankan, karena confidential, masa harus KPK lihat semua kuitansi, yang benar saja," ujar Kaligis.
 
Dalam sidang yang gelar Selasa, 29 September, Gerry mengaku pada 8 Juli ia ditelepon oleh panitera PTUN Medan Syamsir Yusfan bahwa Ketua PTUN Medan akan mudik. Mendapat telepon itu, Gerry kemudian menghubungi Kaligis lewat Yurinda Tri Achyuni alias Indah.
 
Usai Indah berkoordinaai dengan Kaligis, Gerry diminta pergi ke Medan esok harinya sekaligus membawa buku berisi amplop yang dititipkan.
 
"Saya berangkat bawa amplop putih, saya ke ruangan ketua, pas turun saya OTT (operasi tangkap tangan)," ujar Gerry saat bersaksi buat terdakwa OC Kaligis.


(FZN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA