Ratusan TKI Bermasalah Sampai di Tanah Air

   •    Rabu, 11 Nov 2015 16:23 WIB
tki bermasalah
Ratusan TKI Bermasalah Sampai di Tanah Air
BNP2TKI sambut TKI bermasalah dan WNI Overstayers di Bandara Soekarno-Hatta,--Foto: Dok/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah secara bertahap kembali memulangkan tenaga kerja Indonesia (TKI) dan warga Indonesia (WNI) yang bermasalah di luar negeri.

Hari ini, Rabu (11/11/2015), sebanyak 354 TKI dari Arab Saudi tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Mereka tiba sekitar pukul 14.00 WIB. Ini merupakan kelompok terbang pertama.

Saat ini diperkirakan ada 1,8 juta warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri tersandung masalah. Mereka masuk katagori warga negara Indonesia overstayers dan TKI bermasalah.

Lewat Program Indonesia Memanggil, secara bertahap pemerintah akan memulangkan mereka ke Tanah Air. Semua biaya pemulangan ditanggung pemerintah.

Deputi Bidang Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Lisna Yuliani Poeloengan, meminta kasus ini agar menjadi pembelajaran bagi TKI lainnya. Mereka harus melengkapi dokumen bekerja di luar negeri.

TKI bermasalah dan WNI overstayers dari Arab Saudi tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengakreng, Banten tengah didata untuk dipulangkan ke kampung masing-masing,--Foto: Dok/MTVN

"Jangan memakai visa umroh untuk bekerja, karena itu pelanggaran," ujar Lisna di depan para TKI di ruang common use launge terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (11/10/2015).

Selain dari Arab Saudi, hari ini sekitar pukul 16.00 WIB sebanyak 129 TKI kloter kedua dari Jeddah akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Selain pejabat BNP2TKI, utusan Kementerian Luar Negeri ikut serta menyambut kedatangan ratusan TKI itu.


(MBM)