Beda Layanan Kesehatan Indonesia dengan Negara Lain

Dheri Agriesta    •    Rabu, 11 Nov 2015 16:38 WIB
kesehatan
Beda Layanan Kesehatan Indonesia dengan Negara Lain
Pemeriksaan kesehatan. Antara Foto/Fikri Yusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Perbedaan layanan kesehatan di Indonesia dengan negara lain sangat mencolok. Wakil Presiden Jusuf Kalla merasakan hal itu.

Di negara lain, biaya konsultasi dengan dokter mahal, sedangkan harga obat cenderung murah. "Di sini kebalikannya," kata JK saat membuka Muktamar Ikatan Dokter Indonesia di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Mungkin, biaya konsultasi dokter di Tanah Air murah karena sebentar. Di Indonesia, diagnosa penyakit bisa selesai dalam waktu 15 menit. Di Singapura, menurut JK, bisa menghabiskan waktu 30 menit.

Menurut JK, dokter di Indonesia cenderung memberi pasien obat cukup banyak.

JK lantas menceritakan pengalamannya berobat di Amerika Serikat. Ia menghabiskan USD500 untuk pemeriksaan. Sedangkan untuk membeli obat, JK merogoh kocek USD5.

Dia sempat meragukan kapasitas dokter karena harga obat yang ia beli terbilang murah. "Kadang kita berpikir dokter hebat kalau obatnya mahal," ujar JK.

Pria asal Makassar ini menyindir dokter di Indonesia yang tak pernah melihat buku obat saat membuat resep. Seolah-olah dokter sudah hafal seluruh jenis obat.

"Kalau di luar negeri, dokternya pasti lihat buku, bahkan profesor. Karena kalau salah diagnosa kan kacau," kata dia.


(TRK)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA