Dubes Harus Responsif Lindungi WNI di Luar Negeri

Dheri Agriesta    •    Rabu, 11 Nov 2015 17:13 WIB
duta besar
Dubes Harus Responsif Lindungi WNI di Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan arahan kepada 33 duta besar yang baru diangkat Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Dalam waktu dekat mereka akan terbang ke negara tujuan guna menjalankan tugas sebagai diplomat negara. 

Arahan difokuskan pada hal-hal yang jadi kepentingan RI di luar negeri. "Dan bagaimana para duta besar ini meningkatkan kerja sama dengan negara aktivitasnya. Intinya itu saja," kata Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini meminta para dubes menjalankan fungsi sebagai penghubung antarnegara. Dubes harus pula memberikan pengayoman kepada masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri.

Selain itu, duta besar harus responsif dalam memberikan perlindungan untuk WNI yang berdomisili di luar negeri. Kemudian, duta besar harus aktif dalam diplomasi ekonomi, promosi produk Indonesia dan mencari peluang kerja sama dengan negara lain.

"Jadi intinya kita sudah punya empat prioritas Kementerian Luar Negeri. Tinggal di masing-masing pilar itu kita tajamkan," ujar Retno.

Hingga saat ini Indonesia memiliki 132 kantor perwakilan di luar negeri. Jumlah itu terdiri dari kedutaan besar dan konsulat jenderal.

Diketahui, Wapres memberikan arahan kepada 33 duta besar dan pejabat eselon I dan eselon II di Lingkungan Kementerian Luar Negeri. Dalam pemberian arahan ini, JK didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.


(KRI)