Tinggalkan Sel, Labora Sitorus Sakit dan Jalani Terapi

Ricardo Hutahaean    •    Rabu, 11 Nov 2015 17:46 WIB
ilegal logging
Tinggalkan Sel, Labora Sitorus Sakit dan Jalani Terapi
Aiptu Labora Sitorus saat berada di Jakarta, Mei 2013, Ant - Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Sorong: Terpidana kasus illegal logging dan pencucian uang Labora Sitorus menderita sakit stroke dan mendapat perawatan intensif. Sehingga mantan anggota Polres Raja Ampat itu harus meninggalkan selnya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II Sorong, Papua Barat.

Sandince Panahuwi membenarkan suaminya sakit stroke. Sehingga suaminya harus berobat dengan metode terapi oksigen hyperbaric untuk memulihkan kondisinya.

Labora dirawat di Rumah Sakit Umum Kabupaten Raja Ampat. Sebab metode dan peralatan terapi hanya dimiliki rumah sakit tersebut. Kedatangan Labora pun dikawal petugas LP.

"Lewat penanganan terapi ini kesehatannya (Labora) mulai pulih," kata Sandince yang setia menemani suaminya di rumah sakit, Rabu (11/11/2015).

Sandince mengakui suaminya sakit sejak mendekam di sel. Masalah hukum yang menimpa suaminya itu mengakibatkan Labora terserang stroke.

Nama Labora muncul di awal Januari 2015. Labora keluar dari selnya ketika akan dieksekusi.

Tahun 2013, Pengadilan Negeri (PN) Sorong menjatuhkan vonis dua tahun penjara plus denda Rp50 juta. Dia dianggap melanggar UU Migas dan UU Kehutanan. 

Di pengadilan terbongkar, Labora memiliki uang Rp1,5 triliun hasil dari usaha penimbunan BBM dan pembalakan liar. Sementara 13 September 2014, Mahkamah Agung memperberat hukuman Labora menjadi penjara 15 tahun plus denda Rp5 miliar.

Pada 22 Oktober 2014, tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong bermaksud menjemput Labora yang dititipkan di LP Sorong. Tapi, pria yang berpangkat AIPTU itu tak berada di selnya.

Pejabat LP mengatakan masa penahanan Labora sudah kedaluwarsa pada 24 Oktober 2014. Selain itu, Labora juga sudah lama tak menginap di selnya sejak Maret 2014. Labora pun masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pada 20 Februari 2015, tim dari Kejaksaan dan ratusan polisi mengeksekusi Labora. Setelah berdebat panjang, Labora pun sepakat menyerahkan diri dan kembali ke selnya.

(Baca: Eksekusi Labora Sitorus Diiringi Isak Tangis Karyawannya)
 


(RRN)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

3 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA