Nurul Iman Bantah Terima USD106 Ribu dari Calo Pemondokan Haji

Renatha Swasty    •    Kamis, 12 Nov 2015 04:32 WIB
korupsi haji
Nurul Iman Bantah Terima USD106 Ribu dari Calo Pemondokan Haji
Terdakwa tindak pidana korupsi penyelenggaraan haji di Kementerian Agama periode 2012-2013 dan 2010-2011 Suryadharma Ali hendak mengikuti sidang yang menghadirkan empat saksi, salah satunya Direktur Pengelolaan Dana Haji Kementerian Agama Ramadhan Harisma

Metrotvnews.com, Jakarta: Nurul Iman Mustofa, mantan anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat membantah mendapat uang sejumlah USD106 ribu dari Hasan Ompong. Duit disebut diberikan lantaran Iman telah membantu Hasan meloloskan perumahan ibadah haji yang ditawarkan Hasan Ompong.

"Saya tidak pernah terima," kata lman, saat bersaksi untuk terdakwa Suryadharma Ali di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Meski mengaku tidak pernah mendapat uang dari Hasan Ompong, Iman mengaku mengenal Hasan. Perkenalan Iman dan Hasan Ompong sejak tahun 2009. Setiap kunjungan ke Mekkah, Iman mengaku Hasan yang bekerja di Konjen Jeddah selalu menjadi sopir.

Perkenalan keduanya hanya sebatas sopir dan tamu. Iman menyebut tidak pernah terjadi kerja sama apapun di antara keduanya. "Tidak pernah partisipasi atau kerja sama. Sebatas antar saya, dan antar sopir yang ditugaskan, gitu saja," ujar Iman.

Dalam sidang sebelumnya, Calo pemondokan haji di Madinah dan Mekkah Hasanudin Asmat alias Hasan Ompong mengaku memberikan duit sejumlah USD106 ribu pada mantan anggota DPR RI Nurul Iman Mustofa. Pemberian duit lantaran Iman telah membantu Hasan meloloskan lima pemondokan haji.

"Sudah ngasih pak Nurul Iman kalau gak salah semua SR400 ribu didolarkan USD106 ribu," beber Hasan ompong saat bersaksi buat terdakwa Suryadharma Ali di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin 2 November 2015.

Hasan ompong bercerita awal mula ia menjadi calo pemondokan haji bermula pada akhir tahun 2009, saat ia akan pensiun dari pekerjaannya sebagai staf honorer di KJRI Jeddah. Kebetulan, Nurul Iman datang ke Jeddah. Saat itu, Hasan meminta bantuan pada Iman supaya dapat diikutkan bisnis. Gayung bersambut, Iman menyetujui.

"2009 saya masih kerja saya bilang, 'saya punya hotel bisa masukin nggak?, bisa katanya'," beber Hasan.

Hasan lantas memasukkan sejumlah pemondokan haji bagi jemaah Indonesia. Sejumlah pemondokan ia dapat dari sejumlah orang yang meminta bantuannya.

Namun, dia mengaku pemondokan yang dimasukan sejak tahun 2009-2011 tak pernah lolos. Baru pada 2012, tujuh pemondokan yang diajukan, sebanyak lima pemondokan diterima yakni: Al Shatta, Wesel Hotels Company, Saeed Makkey Hotel Group, Mawaddah International Group, Al-Zuhdi.

Atas masuknya pemondokan itu, Hasan lantas memberikan duit pada Iman. Sebetulnya kata dia, tak ada perjanjian dari awal terkait komitmen fee. "Dia yang minta. (katanya) Saya yang masukin, katanya saya punya jatah," ujar Hasan.

Selain memberikan duit, Hasan Ompong juga memberikan umroh gratis pada Iman dan 11 keluarganya. Terkait pemberian ini, Iman kembali membantah. Iman mengaku, dia membayar umroh sendiri. "Tidak ada, semua kita bayar normal," ujar Iman.


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA