mobil baru

Regulator Jerman Investigasi Lebih dari 50 Model Diesel

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 13 Nov 2015 09:22 WIB
mobil baru
Regulator Jerman Investigasi Lebih dari 50 Model Diesel
Regulator Jerman investigasi lebih dari 50 model diesel. Autoguide

Metrotvnews.com: Produsen mobil Volkswagen, ternyata bukan satu-satunya produsen mobil yang sedang menjalani penyelidikan terkait terjadinya kecurangan pada tes emisi mesin dieselnya. Namun beberapa pabrikan otomotif lain juga mengalaminya.

Regulator mobil Jerman yaitu The Kraftfahrt-Bundesamt (KBA) mengumumkan bahwa mereka akan memperluas penyelidikannya. Kali ini mereka fokus pada lebih dari 50 model dari berbagai produsen mobil. Merek tersebut termasuk BMW, Mercedes-Benz, Ford, GM, Honda, Hyundai dan Toyota.

KBA akan mulai menjalankan tes pada model yang dibuat oleh 23 merek mobil Jerman dan asing, atas dugaan manipulasi lebih lanjut dari emisi nitrogen oksida. Tes ini dilakukan berdasarkan investigasi Volkswagen yang mengakui manipulasi data hasil tes emisi diesel.

Model yang  sedang diselidiki oleh KBA saat ini termasuk BMW Seri 3 dan Seri 5, Mercedes-Benz C-Class, CLS, Sprinter, V-Class, Cerdas Fortwo, Alfa Romeo Guilietta, Panda, Ducato, Jeep Cherokee, Ford Focus dan C-Max, Volvo V60; Opel Astra, Insignia dan Zafira, Chevrolet Cruze, Honda HR-V, Hyundai ix35 dan i20, Land Rover Evoque, Mazda6, Mitsubishi ASX, Nissan Navara, Peugeot 308, Renault Dacia dan Kadjar, Toyota Auris, Volkswagen Golf, Beetle, Passat, Touran, Touareg, Golf Sportsvan, Polo, Crafter dan Amarok, Audi A6 dan A3 dan Porsche Macan.

"Sejak akhir September lalu, KBA telah menyelidiki lebih lanjut apakah di pasar masih terjadi manipulasi dari emisi, oksida nitrogen khususnya," jelas KBA.


(UDA)