Selamat Hari Ayah Nasional!

Torie Natalova    •    Kamis, 12 Nov 2015 10:26 WIB
keluarga
Selamat Hari Ayah Nasional!
Ilustrasi Hari Ayah. (Foto:Instagram Gading Marten)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda memperhatikan laman Google hari ini, ada tampilan yang unik namun sederhana yang menggambarkan sosok pelindung dalam keluarga, yakni ayah. Ya, Google doodle merayakan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada hari ini, 12 November.

Memang, Hari Ayah di Indonesia tak sepopuler Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember. Sementara di luar negeri seperti Amerika, Italia, Jepang, Belanda, Singapura, Filipina, Hongkong dan Jerman, Hari Ayah atau Fathers Day dirayakan setiap hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni. Perayaan Fathers Day sendiri telah dimulai sejak awal abad ke-12.

Biasanya, Hari Ayah akan dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain itu, ayah juga merupakan tulang punggung dan pelindung dalam sebuah keluarga.

Keunikan dari Hari Ayah di Indonesia, pencetus perayaan Hari Ayah bukanlah kaum bapak melainkan kaum ibu. Hari Ayah di Indonesia pertama kali digelar di Pendopo Gede Balai Kota Solo pada 12 November 2006 silam. Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) adalah pelopor peringatan Hari Ayah Nasional. PPIP sendiri adalah sebuah kelompok komunikasi lintas agama.

Keputusan untuk menetapkan 12 November sebagai Hari Ayah setelah melalui kajian yang akhirnya diputuskan untuk membuat acara Deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia yang juga dilakukan di berbagai daerah sepeti Maumere, Flores dan NTT.

Jadi, tak ada salahnya mengungkapkan rasa sayang lebih dari biasanya kepada ayah di hari ini. Selamat Hari Ayah!


(LOV)

Menanti Vonis Setya Novanto

Menanti Vonis Setya Novanto

23 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto akan menjalani sidang putusan atau vonis di Pengad…

BERITA LAINNYA