PLB Hadir, Bahan Baku Bebas Bea Masuk

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 12 Nov 2015 10:38 WIB
pajakbea masuk impor
PLB Hadir, Bahan Baku Bebas Bea Masuk
Gedung Kementerian Keuangan (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Gresik: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan dengan adanya Pusat Logistik Berikat (PLB) maka bahan baku yang datang dari luar negeri akan dibebaskan bea masuk dan tidak dipungut pajak impor.

"Selama ditimbun di situ (PLB) tidak ada kewajiban bea-bea tadi dan pajak tadi," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi, ditemui di Kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kabupaten Gresik, Rabu 11 November. 

Menurut Heru, kewajiban akan muncul saat barang bahan baku tersebut akan hendak dikonsumsi. Barang-barang yang ditimbun itu di antaranya barang-barang manufaktur, barang modal, dan bahan baku. Dengan begitu, PLB tidak menimbun barang jadi.

"Mudah-mudahan, suplai barang manufaktur, modal dan bahan baku yang kontinu bisa menjaga efesiensi dan fasilitas produksi," ungkap Heru.

Selain itu, dirinya menegaskan, PLB yang ada di Cikarang Dry Port (CDP) berbeda dengan PLB yang ada di JIIPE dari segi jenis barang yang ditimbun. PLB di CDP difokuskan untuk menimbun kapas. Sedangkan di JIIPE difokuskan untuk menimbun kacang-kacangan dan gas. 

"Selanjutnya nanti PLB di Kalimantan akan difokuskan untuk oil and gas," jelasnya.

Lebih dari itu, masih kata Heru, ke depannya akan ada sebanyak enam pusat PLB yang dibangun di setiap kawasan pelabuhan. "Sejauh ini sekitar enam pusat PLB yang menyatakan niat kuat bangun ini," pungkasnya.



(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA